Kamis 03 Oct 2019 17:07 WIB

PLN Solo Tambah Cadangan Sumber Listrik di Kediaman Jokowi

PLN melistriki kediaman Presiden dengan tiga jalur listrik.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Joko Widodo menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Presiden Joko Widodo menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo menambah cadangan sumber listrik di kediaman Presiden Joko Widodo di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Penambahan tersebut berupa satu genset dan satu Uninteruptible Power Supply (UPS).

Plt Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jateng dan DIY, Haris, menjelaskan, pada periode pertama Jokowi menjabat sebagai Presiden RI, PLN melistriki kediaman Presiden dengan tiga jalur listrik. Sekarang ditambah satu genset dan satu UPS sehingga totalnya menjadi lima jalur. Dengan tambahan cadangan tersebut, ketika terjadi gangguan listrik maka perpindahan jalur tidak mengganggu aliran listrik di kediaman Presiden.

Baca Juga

Sebelum ditambah cadangan kelistrikan, ketika terjadi gangguan ada jeda sekitar setengah detik. Sekarang, sudah tidak ada jeda sama sekali. Sebab, sebelumnya belum disediakan UPS.

"Sekarang kalau jalurnya terganggu pindah otomatis ke jalur cadangan masuk UPS tidak terasa. Sistem otomatis semua. Kalau kemarin tiga jalur meski otomatis tapi masih terasa jedanya," ucap Haris kepada wartawan di kantor PLN UP3 Solo, Kamis (3/10).

Selain itu, PLN UP3 Solo juga meresmikan Posko VVIP di sekitar kediaman Jokowi, yang berlokasi di Jalan Pleret Raya, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kamis (3/20) siang. Posko tersebut berfungsi sebagai posko siaga untuk para petugas PLN UP3 Solo khusus di kediaman Jokowi.

Menurutnya, peluncurkan posko layanan VVIP menjadi komitmen PLN utk memberikan layanan terbaik. "Karena di Solo ada kediaman RI 1 kami memberikan sarana kesiagaan teman-teman PLN untuk posko VVIP," kata dia.

Dengan adanya posko VVIP tersebut diharapkan keluarga Presiden bisa menikmati listrik tanpa ada gangguan sedikitpun. Meski demikian, masyarakat sekitar kediaman Jokowi juga akan merasakan adanya layanan dari PLN UP3 Solo tersebut.

Pada hari biasa, posko tersebut dijaga oleh tiga orang petugas PLN setiap shift dimana sehari terdapat tiga shift. Sedangkan jika Presiden kunjungan ke Solo, maka satu shift dijaga oleh 75 personel untuk kesiapsiagaan.

"Tetangga sekitarnya juga terasa. Sampai ke rumah Gibran [putra sulung Jokowi] itu juga terjangkau. Mungkin kurang lebih satu kelurahan bisa merasakan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement