Kamis 03 Oct 2019 16:22 WIB

Ratusan Alutsista Siap Meriahkan HUT TNI

HUT TNI akan menampilkan keterampilan prajurit.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil
Siswa mencoba membidik sasaran dengan senapan mesin berat DShK-38 saat Pameran Alutsista TNI di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (3/10/2019). P
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Siswa mencoba membidik sasaran dengan senapan mesin berat DShK-38 saat Pameran Alutsista TNI di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (3/10/2019). P

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, memimpin gladi bersih upacara parade dan defile peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (3/10). Ratusan alat utama sistem pertahanan (alutsista) akan diturunkan untuk mengikuti defile.

Berdasarkan pantauan Republika di lapangan, Hadi didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Calon Komadan Upacara itu, yakni Kolonel Inf Sachono selaku Dirbinsismet Pusterad, Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto selaku Asops Dankormar, dan Kolonel Pnb Yostariza selaku Asops Kas Kohanudnas.

Baca Juga

"Kekuatan pasukan parade berjumlah 6.806 personel," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman, di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10).

Jumlah pasukan tersebut terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel; Brigade Upacara I/Gabungan 980 personel yang berasal dari Drum Band Taruna Akademi TNI, Batalyon Upacara Pamen, Batalyon Upacara Pama; Brigade upacara II/Taruna Akademi TNI 971 personel yang berasal dari Batalyon Upacara Taruna Akmil, Batalyon Upacara Taruna AAL, dan Batalyon Upacara Taruna AAU.

Kemudian, Brigade Upacara III/Gabungan 971 personel yang berasal dari Batalyon Upacara Wan TNI, Batalyon Upacara POM TNI, Batalyon Upacara RDB Satgas Konga; Brigade Upacara IV/TNI AD 971 personel yang berasal dari Batalyon Upacara Kopassus, Batalyon Upacara Kostrad, Batalyon Upacara Kodam Jaya.

Lalu, ada Brigade Upacara V/TNI AL sebanyak 971 personel yang berasal dari Batalyon Upacara Bintaxa TNI AL, Batalyon Upacara Tamtama TNI AL, Batalyon Upacara Marinir; Brigade Upacara VI/TNI AU sebanyak 971 personel yang berasal daei Batalyon Upacara Air Crew, Batalyon Upacara Bintama/Tamtama TNI AU, Batalyon Upacara Paskhas.

"Dan Brigade Upacara VII/Gabungan 971 personel dari Batalyon Upacara Bakamla, Batalyon Upacara Aparatur Sipil Negara, Batalyon Upacara Kompi Cadangan," jelas Taibur.

Di samping itu, sejumlah alutsista juga akan dikerahkan untuk mengisi kegiatan parade HUT ke-74 TNI, yakni dua unit Radar Surveillance, Turangga, Oerlicon, RM 70 Grad, Serpa, MPCP Mistral, pesawat Boeiny 737, pesawat CN 235, dan pesawat F16. Selain itu, ada pula empat unit IVIRLS, Caesar, Astros, dan delapan unit Anoa.

Kekuatan pasukan defile dan alutsista yang akan memeriahkan kegiatan bertajuk "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat" itu terdiri dari defile POM TNI sebanyak 48 Personel dan 24 unit alutsista, defile matra darat sebanyak 1.172 Personel dan 415 unit alutsista, defile matra laut sebanyak 522 personel dan 116 unit alutsista, dan defile matra udara sebanyak 259 personel dan 58 unit alutsista.

HUT ke-74 TNI juga akan memperlihatkan keterampilan prajurit, yakni Kolone Senapan, Bela Diri Militer, Tari Perang Garuda, Terjun Payung, serta Demo Udara yang terdiri dari Fly Pass, BTU, Tempur Udara, Composite Strike, Jupiter Aerobatic, dan Boms Burs.

"Pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT tahun ini berjumlah 157 unit yang berasal dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," kata Taibur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement