Kamis 03 Oct 2019 08:34 WIB

BMKG Prediksi Januari-Februari Puncak Musim Hujan

Curah hujan akan mulai merata pada November.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi - Hujan.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Ilustrasi - Hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indra Gustari menyampaikan curah hujan akan mengalami peningkatan pada Oktober hingga November. Hal tersebut menyusul kemarau yang cukup panjang akhir-akhir ini.

"Sedangkan Januari dan Februari akan menjadi puncak curah hujan," ujar dia di BNPB, Jakarta, Rabu (2/10).

Baca Juga

Dia menambahkan, untuk prediksi Oktober, curah hujan hanya akan ada di level rendah hingga sedang. Curah dengan level sedang akan terjadi di Indonesia bagian utara.

Ketika membahas prediksi hujan hingga enam bulan ke depan, menurut dia, curah hujan akan mulai merata pada November. Dia menegaskan, curah hujan selama November di Jawa juga akan memiliki kriteria menengah.

Pada Desember mendatang, curah hujan di sebagian besar wilayah sudah lebih besar. "Januari dan Februari memang puncaknya. Tapi Februari hingga Maret curah hujan semakin meningkat di beberapa wilayah, meskipun diperkirakan untuk Sumatra akan lebih menurun intensitasnya," kata dia.

Indra menegaskan, pernyataan tersebut merupakan perkiraan BMKG hingga satu bulan ke depan. Selama Oktober ini, daerah yang berpotensi hujan adalah Aceh, Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sumatra serta Papua.

"Oktober ini intensitas hujan di wilayah Lampung masih rendah," kata dia.

Khusus untuk satu pekan ke depan, hujan lebat akan mulai dialami Indonesia bagian utara. Selain itu, dari prakiraan tersebut, dia memaparkan potensi gelombang tinggi (2,5-empat meter) cenderung akan terjadi di Indonesia bagian timur dan samudera Hindia. "Waspadai curah hujan tinggi di wilayah Aceh, Sumatra Utara dan Papua selama Oktober ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement