Rabu 02 Oct 2019 18:53 WIB

Presiden Kirim Bantuan ke Ambon

Bantuan ini akan disalurkan ke lokasi terdampak gempa.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil
Bangunan yang rusak akibat gempa bumi di wilayah Liang Ambon, Maluku, Jumat (27/9/2019).
Foto: dok. Humas BNPB
Bangunan yang rusak akibat gempa bumi di wilayah Liang Ambon, Maluku, Jumat (27/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan sejumlah paket bantuan kepada warga Ambon, Maluku yang terdampak bencana gempa bumi. Sebanyak 2.000 paket bahan pokok bantuan Presiden diserahkan kepada Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku pada Selasa (1/10) kemarin.

"Bantuan ini akan disalurkan ke lokasi terdampak gempa, di antaranya Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat," jelas Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini melalui siaran pers, Rabu (2/10).

Baca Juga

Setiap paket bantuan yang disalurkan kepada warga Ambon, berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kotak teh celup, 1 kotak biskuit, dan 1 botol air mineral. BPBD Maluku mencatat, gempa bumi yang melanda (29/9) lalu menyebabkan korban jiwa sebanyak 30 orang dan 156 orang luka-luka.

Selain Ambon, bantuan juga dikirimkan kepada warga Wamena, Papua yang hingga saat ini kesulitan mengakses kebutuhan pokok lantaran situasi yang belum kondusif. Jumlah bantuan yang disalurkan ke Wamena sebanyak 1.380 paket dan menyusul 3.620 paket bantuan lain yang akan disalurkan dalam dua tahap pengiriman.

"Menunggu jadwal keberangkatan pesawat berikutnya, Kamis dan Jumat pekan ini," ujar Erlin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement