Rabu 02 Oct 2019 11:28 WIB

Demo Buruh di DPR, Polisi Terjunkan 6.000 Personel Keamanan

Polisu telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Muhammad Hafil
Demo buruh (ilustrasi).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Demo buruh (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyiagakan sebanyak 6.000 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar para buruh di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/10).

"Kami sudah menyiapkan pengamanan. Ada 6.000 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa.

Baca Juga

Selain itu, sambung Argo, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR RI. Pengalihan arus lalu lintas itu masih bersifat situasional. "Ada rekayasa lalu lintas, sifatnya situasional," ujarnya.

Argo pun mengimbau para buruh agar menggelar aksi unjuk rasa secara damai dan tertib guna menghindari kericuhan.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir menyebut, pihaknya menurunkan 262 personel polisi lalu lintas untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi. Senada dengan Argo, Nasir menyebut rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan bersifat situasional.

"Rekayasa lalin sifatnya situasional, lihat situasi. Kalau saat ini sudah ditutup di Pulau Dua," jelas Nasir.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan polisi disekitar gedung DPR/MPR hari ini:

1. Jalan Gatot Subroto mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladogi diarahkan belok kiri ke Gerbang Pemuda.

2. Jalan Gerbang Pemuda arah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup diputar balik ke Gerbang Pemuda dikolong Ladogi atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah timur atau ke Bendungan Hilir.

3. Jalan Gerbang Pemuda arah ke Asia Afrika dibelokan ke kiri ke ke Jalan Asia Afrika terus Jalan Senayan dan Jalan Pakubuono.

4. Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar ke arah Jalan Gerbang Pemuda putar balik dibawah Ladogi.

5. Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di trafic light Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama dan belok kiri ditutup.

6. Jalan Tentara Pelajar pojok Manggala Wanabakti ditutup, Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement