Jumat 27 Sep 2019 23:09 WIB

Krisis Wamena, Gerindra Minta Jokowi Ambil Langkah Konkret

Penanganan Wamena membutuhkan langkah komprehensif.

Politisi Gerindra Andre Rosiade.
Foto: Republika/Putra M Akbar
Politisi Gerindra Andre Rosiade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Gerindra, Andre Rosiade, meminta Presiden Joko Widodo segera melakukan langkah konkret untuk mengembalikan situasi keamanan di Wamena, Papua pascakerusuhan yang menyebabkan banyak korban jiwa.

"Sebagai anggota DPR terpilih Dapil Sumbar dan Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang, saya infokan ke Pak Jokowi bahwa ada sembilan warga perantauan Minang yang meninggal dunia. Satu orang terbakar tinggal tengkorak saja dan satu balita umur 3 tahun dikampak kepalanya," kata Andre di Jakarta, Jumat (27/9).

Baca Juga

Andre menegaskan, kerusuhan yang terjadi di Wamena bukan hal sepele. Pemerintah beserta aparat, kata dia, selain warga Sumatra Barat juga banyak perantau berasal dari luar Papua.

"Ada 1.500 warga kami yang masih mengungsi dan belum lagi warga dari daerah lain. Toko-toko mereka dijarah dan sekarang mereka berlindung di Kantor Kodim dan Polres. Total yang mengungsi dengan warga perantau daerah lain sekitar 10 ribu jiwa," kata dia. 

Sebagai pimpinan tertinggi di negeri ini, Andre kembali mengingatkan Jokowi untuk segera merespons apa yang terjadi di Wamena. Langkah konkret Jokowi, kata Andre, saat ini sangat diperlukan guna menstabilkan kondisi kemanan di Wamena. "Saya mohon tindakan konkret dari pemerintah Pak Jokowi agar segera pulihkan kembali situasi keamanan di Wamena," kata Andre.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement