Jumat 27 Sep 2019 10:22 WIB

Penangkapan Ananda Badudu Sempat Terekam di Instagram

Polisi berkali-kali meminta Ananda mematikan kamera handphone saat merekam kejadian.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah
Ananda Badudu
Foto: Youtube
Ananda Badudu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penangkapan jurnalis Vice Indonesia sekaligus aktivis, Ananda Badudu, sempat terekam di Instagram stories miliknya @anandabadudu Jumat (27/9) pagi. Berdasarkan tangkapan layar di Instagram, polisi berkali-kali meminta Ananda untuk mematikan kamera handphone saat merekam kejadian.

Rangkaian Instagram Stories itu diunggah sekitar lima jam lalu. Dalam unggahan, tampak kronologi penangkapan yang bermula dari kedatangan tim Polda Metro Jaya ke sebuah rumah.  Saat ditemui dan ditanya, salah seorang anggota kepolisian menyampaikan bahwa dirinya dari polda. "Dari mana Pak?, " tanya matan jurnalis Tempo itu. "Dari kepolisian," jawab anggota polisi yang memakai kaus cokelat itu. 

Baca Juga

Ananda terus merekam kejadian itu. Kemudian, pria berbaju cokelat bertanya "Ini mau ngapain? Matiin dululah," katanya seraya memberikan isyarat dengan tangan.

Salah seorang anggota polisi lainnya juga memberikan isyarat meminta kamera handphone dimatikan. Namun, Ananda terus merekam. 

Bahkan, salah satu anggota polisi lain sempat mencoba meraih handphone yang digunakan Ananda. Dalam tangkapan layar Instagram Stories polisi juga sempat menunjukkan surat penangkapan dan membacakan nama lengkap Ananda.

Hingga saat ini belum dipastikan apa penyebab mantan personel band folk Banda Neira itu ditangkap. Namun, diduga penangkapan ini karena aktivitasnya menggalang donasi untuk membantu demonstrasi mahasiswa pada 23-24 September lalu. 

Ananda memang secara terbuka melakukan penggalangan dana untuk aksi mahasiswa di depan DPR. Penggalangan dana mendukung aksi mahasiswa muncul di situs Kitabisa.com

"Kamu bisa berkontribusi lewat donasi dana yang akan digunakan untuk makanan, minuman, dan sound system mobile (mobil/gerobak komando)," tulis keterangan dalam laman galang dana itu.

Sampai saat ini, penangkapan atas Ananda mendapatkan respons luas dari publik. Netizen pun ikut memberikan dukungan kepada Ananda lewat kolom komentar akun Twitter dan Instagram miliknya. Sutradara Angga Dwimas Sasongko memposting informasi di akun Instagram miliknya dengan mencantumkan tagar #AnandaBaduduAdalahKita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement