Jumat 27 Sep 2019 04:40 WIB

4 Pimpinan DPRD Karanganyar Resmi Dilantik

Bupati Karanganyar mengaku siap dikritik anggota DPRD

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar
 Pelantikan pimpinan DPRD karanganyar. Foto/Wardoyo
Pelantikan pimpinan DPRD karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Empat pimpinan DPRD Karanganyar periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (25/9). Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan para wakil rakyat ini, agar lebih cepat melakukan konsolidasi serta tetap menjaga amanah dalam menjalankan tugasnya.

Dirinya juga siap untuk dikritik asalkan membangun. Empat pimpinan yang dilantik adalah Bagus Selo sebagai Ketua DPRD, bersama tiga wakil yakni Rohadi Widodo, Anung Marwoko, dan Tony Hatmoko.

“Para pimpinan dan anggta DPRD yang baru ini, adalah orang-orang berpengalaman. Mereka harus lebih cepat melakukan konsolidasi. Dan satu hal yang penting, merela para wakil rakyat ini, harus tetap menjaga marwah lembaga terhormat ini,” kata bupati, Rabu (25/9) sore.

Menurut bupati, lembaga wakil rakyat ini, merupakan sebuah lembaga untuk memunculkan ide dan gagasan yang dapat diterima semua pihak. Diperlukan sebuah sinergi antara eksekutif dan legislatif.

“Parlemen, merupakan ruang untuk  menciptkan ide gagasan. Apa yang menjadi gagasan tersebut, kemudian diputuskan melalui proses demokrasi, dan harus ada sinergi diantara kedua lembaga, baik eksekutif maupun legislatif,” ujar bupati.

Ditambahkan bupati, sebagai pejabat public, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Karanganyar ini, juga tidak alergi terhadap berbagai kritik dari masyarakat.

“Saya sebagai buapti, serta wakil bupati dan anggota DPRD adalah pejabat publik. Kita semua harus siap dikritik dan makian. Tentu saja kritikan tersebut harus menjunjung tinggi etika. Dan jangan pernah berharap untuk dipuji,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Karanganyar periode 2019-2024, Bagus Selo, usai pengambilan sumpah janji jabatan menyatakan sebagai lembaga, tetap akan melaksanakan tugas pokonya dalam mengawal jalannya pembangunan di Karanganyar.

Menurut Bagus Selo, ada tiga tugas pokok DPRD yang harus dilaksanakan, yakni fungsi angaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi.

“Anggota dewan harus sebagai pengontrol tetap kita dilakukan. Kita tetap kritis dengan memberikan masukan, saran dan pendapat untuk pembangunan Karangaanyar yang lebih baik,” jelasnya.

Disisi lain, ketika disinggung mengenai sikap Fraksi, Wakil Ketua DPRD asal PKS, Rohadi Widodo menegaskan  apakah tetap akan melakukan kontrol atas berbagai kebijakan yang nantinya akan dilakukan oleh Pemkab Karanganyar.

“Pengawasan merupakan bagian dari tugas dewan. Kita tetap melakukan apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai wakil rakyat,” tandasnya. Wardoyo

 

The post 4 Pimpinan DPRD Karanganyar Resmi Dilantik. Bupati Karanganyar Mengaku Siap Dengan Kritikan dan Makian appeared first on Joglosemar News.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement