Kamis 26 Sep 2019 14:51 WIB

Orasi Mahasiswa Bersahutan dengan Lantunan Asmaul Husna

Lantunan Asmaul Husna tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan aksi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Ribuan mahasiswa yang merupakan gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Surabaya menggelar aksi bertajuk 'Surabaya Menggugat' di depan gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (26/9).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Ribuan mahasiswa yang merupakan gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Surabaya menggelar aksi bertajuk 'Surabaya Menggugat' di depan gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ribuan mahasiswa yang merupakan gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Surabaya menggelar aksi bertajuk 'Surabaya Menggugat' di depan gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (26/9). Aksi gabungan tersebut dimaksudkan untuk menuntut penolakan revisi UU KPK, RKHUP, RUU Pertanahan, dan beberapa RUU bermasalah lainnya.

Orator aksi pun bergantian naik ke mobil komando untuk menyuarakan tuntutannya. Sementara itu, dari pengeras suara Masjid Takmiriah, yang berada tepat di belakang kerumunan massa aksi, lantunan Asmaul Husna juga terus mengalun dengan merdunya. Gedung DPRD Jatim memang berseberangan dengan masjdi tersebut.

Situasi ini membuat teriakan orasi yang keluar dari pengeras suara para mahasiswa, terus bersahutan dengan lantunan bacaan Asmaul Husna dari pengeras suara masjid. Namun demikian situasi ini tidak lantas saling mengganggu kedua kegiatan tersebut. Dimana, aksi mahasiswa tetap berjalan dengan damai, bacaan Asmaul Husna pun terus dilantunkan berulang-ulang.

Lantunan Asmaul Husna di masjid tersebut memang rutin disuarakan lewat pengeras suara. Artinya, lantunan Asmaul Husna tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan aksi yang digelar. "Ya memang rutin itu, setelah Shalat Dzuhur biasanya," ujar salah seorang pedagang di area masjid, Sumarno (52).

Ribuan personel keamanan yang merupakan gabungan dari TNI dan Polisi pun trrus bersiaga menjaga jalannya aksi. Bahkan beberapa dari personel keamanan tersebut, ada yang mengenakan surban putih. Merka ini lah yang disebut pasukan Asmaul Husna, yang diterjunkan Polda Jatim untuk membantu mengamankan jalanna aksi.

Tuntutan yang disuarakan mahasiswa di antaranya adalah mendesak pembatalan Undang-Undang KPK yang telah disahkan oleh DPR. Massa aksi menuntut dikeluarkannya Perppu yang membatalkan UU KPK tersebut. Mereka juga menolak RKUHP yang dirasanya banyak mengandung pasal bermasalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement