Rabu 25 Sep 2019 08:47 WIB

Bertemu Habib Umar, Emil Sampaikan Program Keumatan

Ridwan Kamil menekankan pentingnya kesatuan dan ukhuwah dalam program keumatan

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Ridwan Kamil dalam acara 'Halaqah Kebangsaan bersama Al Habib Umar Bin Hafidz' di Hotel Hilton Kota Bandung, Selasa (24/9).
Ridwan Kamil dalam acara 'Halaqah Kebangsaan bersama Al Habib Umar Bin Hafidz' di Hotel Hilton Kota Bandung, Selasa (24/9).

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menekankan pentingnya menjaga kesatuan dan ukhuwah. Menurutnya, meski ada masyarakat yang tak masuk dalam koridor Ukhuwah Islamiyah, masih ada Ukhuwah Watoniyah (berbangsa) dan Ukhuwah Insaniyah (sesama manusia) yang mengikat.

"Masyarakat harus bisa bersyukur dengan nikmat berbangsa dan bernegara yang Allah SWT berikan," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam acara 'Halaqah Kebangsaan bersama Al Habib Umar Bin Hafidz' di Hotel Hilton Kota Bandung, Selasa (24/9).

Emil menambahkan, nikmat iman, Islam, dan silaturahmi adalah komponen untuk menambah semangat dan kecintaan kepada negeri Indonesia. Apalagi, bangsa Indonesia tengah mengalami dinamika dalam perpolitikan maupun perekonomian.

Maka, kesatuan dan persatuan bisa menjadi penyokong masyarakat dalam melewati dan menjawab tantangan di segala kondisi. "Mudah-mudahan kita dikuatkan kecintaan tentang pentingnya persatuan dan uhkuwah kita," kata Emil.

Pun nilai dakwah, lanjut Emil, harus memberi contoh teladan akhlak yang baik sehingga bisa menginspirasi individu lainnya untuk melakukan hal serupa.

Dalam acara tersebut, Emil juga menyampaikan progres program keumatan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jabar, di antaranya Satu Desa Satu Hafidz (Sadesa) yang tahun ini sudah menyekolahkan sekitar 1.200 anak desa di berbagai pesantren. Para santri pun siap dilepas ke berbagai desa di Jabar.

AYO BACA : Subling di KBB, Ridwan Kamil Paparkan Progres Program Keumataan Jabar

Teranyar, untuk memperkuat misi Jawa Barat Juara Lahir dan Batin, Pemprov Jabar pun mengirim 30 Dai ke Yaman untuk menempuh pendidikan agama. "Program mengirim beasiswa bersekolah ke Yaman dan program Satu Satu Desa Satu Hafiz Quran itu adalah nasehat Habib tahun lalu," tutur Emil.

Selain itu, terdapat pula English for Ulama, di mana lima ulama muda Jabar lulusan tahap pertama program ini akan dikirim ke Inggris pada November 2019 untuk berdakwah mengenai Islam yang damai. "Tujuan (English for Ulama) untuk menyiarkan Islam yang damai, yang wasathiah," kata Emil.

Adapun Program keumatan Jabar Juara lainnya pun rutin dilaksanakan, mulai dari Maghrib Mengaji, Subuh Berjamaah Keliling, Kredit Mesra, hingga One Pesantren One Product (OPOP). Program yang terakhir disebut, bertujuan mendorong pesantren di Jabar untuk mandiri secara ekonomi.

"Kita bercita -cita, pesantren di Jawa Barat punya usaha yang besar, supaya pesantren maju," tutup Emil.

Adapun menurut Ketua PWNU Jawa Barat KH. Hasan Nuri Hidayatullah, persatuan adalah kunci bila ingin bangsa menjadi maju. Jawa Barat juga diharapkan menjadi penopang utama dalam mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang besar, kuat, dan berdaya saing.

Saat ini pun, lanjut Hasan, Jawa Barat cukup kondusif salah satunya berkat peran para ulama yang selalu berupaya memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

AYO BACA : Imam Besar New York Dukung Program English for Ulama Pemprov Jabar

"Semoga Allah SWT memberikan petunjuk bimbingan guna memberikan kekuatan membangun bangsa negara," ucap Hasan.

Sementara itu, Al Habib Umar Bin Hafidz, sosok ulama besar asal Kota Tarim, Yaman, berpesan agar para pimpinan daerah serta unsur aparat seperti TNI/Polri dapat menjalankan amanah dalam bertugas dengan sebaik-baiknya dan tidak ragu untuk duduk bersama ulama dalam menyelesaikan permasalahan.

"Karena melaksanakan tugas dengan jalan menyambungkannya dengan syariat Allah SWT, akan menghadirkan kebaikan," kata Al Habib.

Al Habib pun mengapresiasi program-program keumatan Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Menurut Al Habib, rancangan program Jabar Juara adalah program yang tepat. Pun kerjasama Pentahelix yang dibangun Pemdaprov Jabar dengan tokoh masyarakat, akademisi, dan ulama adalah hal luar biasa.

Al Habib juga menyebut bahwa dengan menjalankan program keumatan, Pemdaprov Jabar telah membumikan dan mengaplikasikan ajaran Allah SWT ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Maka kalau itu (program) dilaksanakan sebaik-baiknya, akan dirasakan kenikmatan oleh seluruh Muslim di Jawa Barat, bahkan non-Muslim pun akan mendapat kenikmatannya. Karena meski mereka minoritas, kalau kita menjalankan ajaran Allah SWT dengan baik, maka mereka pun justru akan merasa terlindungi," kata Al Habib.

"Barang siapa melaksanakan petunjuk Allah SWT, maka tidak akan sesat dan terkena bencana. Semoga Jawa Barat membawa kebaikan, ikhlaskanlah hati kepada Allah, amalkan syariat Allah SWT. Jangan khawatir, Allah SWT akan kokohkan kaki-kaki kita," pesannya.

Al Habib pun menegaskan bahwa ulama (Ahli Agama), umaro (pemimpin/ pemerintah), pebisnis, dan masyarakat adalah empat unsur yang harus bersinergi sehingga persatuan menjadi hal yang paling utama dalam membangun bangsa.

AYO BACA : Ulama-Umaro Kompak, Ridwan Kamil: Rakyat Selamat

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement