Ahad 22 Sep 2019 10:44 WIB

Gerakan Keren dari Yogya: Unisa Ajak Mahasiswa Tanam Pohon

Mahasiswa harus memiliki peran nyata dalam menjaga lingkungan sekitar.

Rektor Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Warsiti (tengah), saat melepas peserta-peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampus Unisa Yogyakarta.
Foto: Dokumen.
Rektor Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Warsiti (tengah), saat melepas peserta-peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampus Unisa Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta kembali mengadakan agenda bertajuk Unisa Go Green. Tidak kurang 400 pohon dari berbagai jenis ditanam dengan mengajak mahasiswa-mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Deklarasi Unisa Diet Plastik dan Ramah Lingkungan. Komitmen itu sudah dijalankan sejak awal 2019 dan sudah berlangsung hampir satu tahun.

Rektor Unisa Yogyakarta, Warsiti, mengatakan kegiatan menanam pohon ini memang merupakan salah satu implementasi Unisa Go Green. Namun, banyak lagi kegiatan-kegiatan yang mendukung komitmen tersebut.

"Kegiatan lain untuk mendukung go green campus antara lain dengan hemat energi dan diet sampah plastik," kata Warsiti, akihr pekan ini.

Kepala Biro Aset Unisa, Suprihatin menerangkan, sebanyak 400 bibit pohon disiapkan dalam kegiatan penanaman tersebut. Mulai dari tanaman hias, tanaman buah sampai tanaman peneduh.

Suprihatin menambahkan, lokasi penanaman bibit pohon ini telah ditentukan dengan berbagai pertimbangan. Ada yang di area publik, ada pula yang di asrama mahasiswa-mahasiswa Unisa.

Ia menekankan, penanaman bibit pohon ini merupakan tahap pertama yang dilaksanakan. Kegiatan sekaligus bertujuan memperkaya khazanah buah-buahan kampus dan menjadi laboratorium hidup Unisa.

"Melalui kegiatan ini harapannya terbangun perilaku ramah lingkungan bagi seluruh civitas akademika," ujar Suprihatin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement