Kamis 19 Sep 2019 13:42 WIB

Asap dan Debu, Dinkes Bangka Minta Warga Waspadai ISPA

Musim kemarau membuat udara kering dan berdebu.

Ilustrasi.
Foto: Antara/Rony Muharrman
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta warga mewaspadai penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang rentan terjadi saat musim kemarau. "Musim kemarau di daerah ini sudah berlangsung cukup lama, warga harus waspada terhadap penyakit ISPA yang rentan menyerang secara tiba-tiba," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Bahrun R Siregar, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan, kondisi udara dalam beberapa hari ini mulai tercemar kabut asap dan kabut debu karena kering sehingga menyebabkan polusi udara. "Memang kondisi ini patut diwaspadai, kendati belum ditemukan warga yang sakit akibat polusi, namun tetap kami pantau perkembangannya setiap hari," ujarnya.

Baca Juga

Ia sudah menyikapi kondisi tersebut dengan menginstruksikan seluruh tenaga kesehatan di puskesmas untuk terus memantau perkembangan kesehatan warga. "Dalam beberapa hari ke depan tetap kami pantau dulu, kalau situasinya sudah dianggap membahayakan kesehatan maka kami akan membagikan masker secara masal," ujarnya.

Ia mengingatkan warga yang menggunakan kendaraan, terutama roda dua untuk selalu menggunakan helm berstandar nasional, yaitu menggunakan tutup kaca bagian depan. "Bagi pengendara selalu menggunakan tutup kepala dan muka, ini langkah antisipasi untuk menghindari gangguan kesehatan terutama pada saluran pernapasan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement