Selasa 18 Sep 2018 01:15 WIB

Kemarau Panjang, Bupati Garut Salat Istisqa

Bupati Garut berharap Salat Istisqa bisa membuat hujan segera turun

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
Darurat kekeringan di Kabupaten Garut sudah mulai merata di 42 kecamatan
Darurat kekeringan di Kabupaten Garut sudah mulai merata di 42 kecamatan

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Garut Rudy Gunawan beserta jajarannya menggelar Salat Istisqa di lapangan tenis, Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Selasa (17/9). Salat itu dilakukan untuk meminta hujan lantaran kemarau panjang di Kabupaten Garut masih terjadi.

Rudy mengatakan, darurat kekeringan di Kabupaten Garut sudah mulai merata di 42 kecamatan. Apalagi, lahan pertanian banyak yang menjadi tak produktif karena berbulan-bulan tidak terairi.

AYO BACA : Kemarau, Debit Air di Kota Cimahi Turun 70%

"Kemarau ini sudah mulai darurat, banyak lahan pertanian yang sudah mulai retak-retak," kata dia, Selasa (17/9). Ia berharap, dengan Salat istisqa, hujan akan dapat segera turun. Dengan begitu, bencana kekeringan dapat cepat teratasi.

AYO BACA : Harga Sayuran di Tasikmalaya Cenderung Menurun Selama Kemarau

Ia menambahkan, sebagian wilayah Garut, khususnya bagian selatan dan utara, sudah menyatakan siaga bencana kekeringan.

"Hujan ini sudah sangat ditunggu-tunggu," kata dia.

Rudy menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Garut sebenarnya telah melakukan antisipasi menghadapi bencana kekeringan. Salah satunya dengan menyediakan air bersih untuk didistribusikan ke wilayah yang terdampak. Namun, jika kondisi kekeringan tetap terjadi, ketersediaan air juga akan semakin berkurang.

Karena itu, ia berinisiatif menggelar Salat Istisqa. "Semoga dengan salat ini doa kita bisa dikabulkan," kata dia.

Menurut Rudy, Salat Istisqa juga dilakukan untuk meredakan bencana asap di Sumatra dan Kalimantan. Ia berharap, hujan turun juga di Sumatra dan Kalimantan sehingga bencana asap dapat segera selesai.

AYO BACA : 5 Kafe Favorit untuk 'Ngadem' Saat Kemarau di Bandung

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement