Selasa 17 Sep 2019 17:00 WIB

UMP Luncurkan Program Magister Pendidikan Agama Islam

Semakin banyak ilmu yang diperoleh, semakin matang cara seseorang dalam berfikir.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki program studi magister baru. Prodi magister tersebut adalah Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, yang proses peluncurannya dilakukan di Aula AK Anshori, Senin (16/9). Acara launching prodi tersebut juga diisi dengan ceramah ilmiah dari pakar Pendidikan Agama Islam yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UIN Yogyakarta Prof Dr Sutrisno.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dalam kesempatan itu menyebutkan, pihaknya sengaja mengundang pakar pendidikan Agama Islam dari UIN Yogyakarta, untuk menambah wawasan para mahasiswa Fakultas Agama Islam yang juga hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga

Mengutip ayat suci Alquran, Rektor menyatakan, setiap manusia diwajibkan untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Semakin banyak ilmu yang diperoleh, semakin matang cara seseorang dalam berfikir. ''Pada akhirnya, orang yang berilmu akan mudah menilai mana kebenaran yang sejati,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Anjar juga mengaku bersyukur karena pada akhir UMP bisa mendapat izin untuk menyelanggarakan Prodi Magister Pendidikan Agama Islam. ''Kita bisa menyelenggarakan prodi magister ini, setelah melalui perjuangan yang hebat dan melalui proses yang sangat lama,'' katanya.

Prof Dr Sutrisno MAg dalam kesempatan itu, mengatakan mahasiswa harus mulai mengubah cara belajarnya dengan cara belajar yang cerdas, hidup yang cerdas. ''Apalagi pada era sekarang ini, dimana semuanya sudah serba online. Karena itu,  mengembangkan pendidikan  S1 dan S2 tidak hanya cukup transfer value dan knowledge,'' jelasnya.

Dia mengatakan, pendidikan harus mampu memanfaatkan potensi dan bakat yang dimiliki menyesuaikan dengan era yang sedang dihadapi. Pendidikan saat ini, juga harus bisa mengembangkan pola pikir kritis, logis dan inovatif. ''Pola pendidikan seperti ini, berlaku untuk prodi maupun fakultas apa pun. Jika UMP sudah menumbuh kembangkan pola pikir semacam ini, berarti UMP telah menjadi perguruan tinggi yang modern dan unggul,'' katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement