Sabtu 14 Sep 2019 10:12 WIB

Masyarakat Terdampak Asap Diimbau Banyak Minum

Alat penjernih udara dan beberapa tipe AC dapat digunakan bagi warga yang memilikinya

Rep: Antara/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah kapal terparkir di pelabuhan rakyat sungai Siak ketika kabut asap pekat dampak dari kebakaran hutan dan lahan menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019).
Foto: Antara/Rony Muharrman
Sejumlah kapal terparkir di pelabuhan rakyat sungai Siak ketika kabut asap pekat dampak dari kebakaran hutan dan lahan menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah wilayah di Indonesia masih terdampak terdampak asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seperti Riau, Jambi, dan beberapa provinsi di Kalimantan. Masyarakat di wilayah itu disarankan untuk banyak minum air putih dan makan buah serta sayur yang kaya akan antioksidan.

"Banyak minum air putih, makan makanan yang bersifat antioksidan tinggi seperti sayuran dan buah berwarna oranye, makan buah jeruk, wortel yang banyak antioksidannya," kata Ketua Pokja Paru Kerja dan Lingkungan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Feni Fitriani Sp.P(K) saat dihubungi di Jakarta, Jumat (14/9).

Baca Juga

Dia menerangkan, asap akibat kebakaran hutan dan lahan mengandung berbagai gas berbahaya seperti sulfur dioksida (SO), karbon monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2) dan Ozon Permukaan (O3). Jika seseorang terpapar asap karhutla dalam jangka waktu yang lama, khususnya bila kandungan CO yang tinggi membuat darah kekurangan oksigen akan menyebabkan tubuh lemas hingga pingsan.

photo
Sebuah kapal motor melitasi Sungai Musi yang diselimuti kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/9/2019).

Menurut Feni, sebisa mungkin masyarakat menghindari pajanan asap karhutla dengan cara membatasi aktivitas di luar rumah. Apabila terpaksa ke luar ruangan, gunakan masker.

"Masker yang ideal N95, tapi setiap masker ada kekurangan kelebihan. Masker N95 perlindungannya bagus kalau dipakai dengan benar, nggak boleh bocor. Selain itu masker bedah yang hijau itu masih tetap ada efek perlindungan dibanding tidak pakai sama sekali," jelas Feni.

Masyarakat disarankan untuk lebih lama berada di dalam rumah, meski kondisi saat ini bahkan bau asap sudah mulai tercium hingga dalam ruangan. Feni menganjurkan agar tidak memperparah kualitas udara di dalam rumah dengan membakar obat nyamuk ataupun merokok.

"Kalau di dalam rumah juga diatur sedemikian rupa supaya udara luar tidak masuk, diatur sirkulasinya," kata dia.

Bagi yang memiliki alat penjernih udara dapat digunakan untuk membantu asap karhutla masuk ke dalam rumah. Alat pendingin ruangan atau AC juga bisa membantu menyejukkan udara di rumah, terlebih ada beberapa tipe AC yang mampu menyaring partikel udara 2,5 (PM2,5).

photo
Petugas SAR Direktorat Sabhara Polda Jambi memadamkan kebakaran lahan gambut milik salah satu perusahaan di Puding, Kumpeh Ilir, Muarojambi, Jambi, Rabu (11/9/2019). Asap kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi telah mengakibatkan aktivitas belajar mengajar di beberapa kota/kabupaten setempat terganggu dan terpaksa diliburkan, sementara upaya pemadaman masih terus dilakukan sejumlah pihak.

Masyarakat juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri agar efek buruk asap karhutla menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Apabila merasa tubuh kurang nyaman, segeralah periksakan di fasilitas kesehatan dan jangan tunggu hingga bertambah buruk.

"Waspada kalau keluhan pernapasan yang dirasakan menetap. Ada yang cuma sebentar setengah jam satu jam hilang sendiri, pertahanan tubuh masih bagus. Kalau ngga nyaman dan cenderung bertahan sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan," terang Fenni.

Masyarakat yang sudah punya penyakit paru, penderita asma, orang-orang yang sesak napas karena dulunya perokok, orang lanjut usia, orang berpenyakit jantung adalah kelompok rentan yang akan lebih mudah terpengaruh dengan kondisi udara yang buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement