Jumat 13 Sep 2019 02:09 WIB

Asisten Pelatih Persib Gantikan Liestiadi Jadi Pelatih Bandung United

Pelatih Bandung United Liestiadi resmi mengundurkan diri

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Bandung United Liestiadi resmi mengundurkan diri dari bangku kepelatihan tim satelit Persib Bandung. Asisten pelatih Persib Bandung Budiman Yunus bakal menggantikan posisi Liestiadi di kursi pelatih kepala Bandung United.

General Manajer Diklat Persib Bandung, Yoyo S Adiredja, mengatakan, pengunduran diri tersebut menyikapi tren minor yang dialami Bandung United selama mengarungi kompetisi Liga 2 2019. Pasalnya, dari 15 laga yang sudah dilakoni, Tantan cs hanya mampu mengantongi dua kali kemenangan.

"Kemarin coach liestiadi menyampaikan pengunduran diri sebagai wujud dari tanggung jawab atas prestasi Bandung United selama ini. Penjelasannya disampaikan ke PT kemudian. Singkatnya mengundurkan diri sebagai tanggung jawab dari apa yang telah di capai di Liga 2," ungkap Yoyo di Stadion Arcamanik, Rabu (11/9/2019).

AYO BACA : Bandung United Kalah dari Persibat, Pelatih Akui Kecewa pada Wasit

Usai menerima pengunduran diri eks pelatih PSMS Medan tersebut, Yoyo menyampaikan jajaran manajemen langsung melakukan perundingan untuk mencari pelatih pengganti yang bakal menukangi Bandung United lantaran Bandung United masih menyisakan tujuh pertandingan di Liga 2 2819. Dari sekian pertimbangan dipilihlah Budiman Yunus.

"Manajemen berunding bagaimana pun masih ada 7 sisa pertandingan, 4 sebagai tuan rumah, tiga tandang, harus ada yang pegang. Alternatif yang paling bisa cepat satu-satunya memilih Budiman yang sudah banyak mengenal sebagaian besar pemain yang ada di Bandung United sekarang," lanjut Yoyo.

Sementara itu, Budiman akan secara resmi menukangi Bandung United sejak sesi oficial training Bandung United untuk persiapan jelang laga kontra Babel United di Stadion siliwangi, Kamis (12/9/2019). Sedangkan untuk laga esok, manajemen masih menunggu jawaban PSSI tekait pengalihan Budiman dari posisi asisten pelatih Persib menjadi pelatih kepala Bandung United.

AYO BACA : Liestiadi Ungkap Hasil Rapat Manajemen Persib dengan Bandung United

"Rencananya sore ini (Budiman) mulai bertugas memimpin oficial training di Stadion Siliwangi sore. Untuk turun mempimpin di laga besok, ini lagi didaftarkan ke PSSI sekarang. Jadi ada proses pencabutan status di Persib dan kemudian ada pendaftaran ke PSSI untuk mendaftaran Budiman menggantikan Liestiadi," kata Yoyo.

Di sisi lain, Yoyo menyebut, pertimbangan yang membuat Budiman terpilih sebagai pelatih kepala Bandung United lantaran telah dia mengenal sebagaian besar karaktar pemain yang ada di Bandung United. Diketahui Budiman merupakan eks pelatih kepala Persib U-19 itu.

Bahkan pelatih kepala Persib, Robert Alberts mendukung Budiman untuk maju menukangi Bandung United.

"Pertimbangannya salah asatunya pak Budiman telah banyak lebih mengenal karena beberapa pemain yang tadinya dipegang pak Budiman ketika main di tim (Persib) U19, ada Wildan, Puja, ada Agung. Tadi malam sudah bertemu dengan coach Robert dan dia mendukung, mensuport, kemudian kita ada sedikit diskusi, apa-apa yang bisa dibantu coach Robert untuk mensuport tim ini," lanjut Yoyo.

Dengan penggantian pelatih ini, Yoyo berharap Budiman bisa membawa prestasi Bandung United menjadi lebih baik di papan klasemen Liga 2. Minimal, lanjut Yoyo, Bandung United bisa lepas dari zona merah degradasi.

"Harapannya bisa menyelamatkan situasi, setidaknya tidak kena degradasi. Karena ada 7 pertandingan, 4 kandang, tiga tandang," ujarnya.

AYO BACA : Ini Penilaian Liestiadi untuk 4 Pemain Pinjaman dari Persib

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement