Selasa 10 Sep 2019 10:45 WIB

Kualitas Udara di Palembang Semakin tidak Sehat

Asap mulai mendominasi cuaca di Kota Palembang

Kendaraan menerobos kabut asap akibat kebakaran lahan di tol Palembang-Indralaya, Sumatera Selatan, Rabu (7/8/2019).
Foto: Antara/Ahmad Rizki Prabu
Kendaraan menerobos kabut asap akibat kebakaran lahan di tol Palembang-Indralaya, Sumatera Selatan, Rabu (7/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, asap mulai mendominasi cuaca di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Akibatnya, kualitas udara semakin tidak sehat

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiajidi mengatakan asap yang mengandung partikel-partikel kering menyebabkan jarak pandang berkisar antara 1.000-8.000 meter dengan jarak pandang terendah terjadi pada pukul 06.00 WIB.

"Selain mengurangi jarak pandang, asap juga akan menimbulkan bau yang khas, perih di mata, sesak pada pernafasan dan matahari akan terlihat berwarna jingga kemerahan saat sore hari disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh polutan di atmosfer," ujar Benny, Selasa (10/9).

Berdasarkan pengamatan cuaca di BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang selama kurun waktu 24 Jam pada 9 September 2019, pihaknya mendapati kondisi cuaca didominasi kriteria asap dengan kelembaban antara 45-95 persen, temperatur udara antara 23-35 derajat celcius dan angin dari tenggara dengan kecepatan 5-20 knots (9-37 km/jam).

Menurut dia asap masuk ke Kota Palembang akibat dibawa oleh angin dari arah tenggara wilayah yang memiliki titik-titik panas dengan tingkat kepercayaan lebih dari 80 persen.

"Wilayah yang berkontribusi mengirimkan asapnya yakni Air Sugihan, Pampangan, Banyuasin I, Tulung Selapan, Pedamaran, Cengal dan Pematang Panggang," jelasnya.

Kondisi tersebut menyebabkan kualitas udara (PM 10) berada pada level 180-187 µgram/m3 atau terindikasi tidak sehat hari ini.

"Diprakirakan kondisi asap ini akan terus berlangsung di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya hingga padamnya titik-titik panas itu," kata Benny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement