Ahad 08 Sep 2019 21:28 WIB

Gapura HUT RI Asal Padalarang Raih Piala Presiden

Gapura dari Padalarang ini mengalahkan 1.456 gapura dari seluruh Indonesia.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Elba Damhuri
Gapura milik warga di RT 02, Komplek Permata Padalarang, Kecamatan  Padalarang, Kabupaten Bandung Barat berhasil menyabet piala presiden dalam  rangka Festival Cinta Negeri dalam HUT ke 74. Sebagai gapura terbaik mereka  berhasil mengalahkan 1.456 gapura yang ada di seluruh Indonesia.
Foto: Foto: Dede Rahmat
Gapura milik warga di RT 02, Komplek Permata Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat berhasil menyabet piala presiden dalam rangka Festival Cinta Negeri dalam HUT ke 74. Sebagai gapura terbaik mereka berhasil mengalahkan 1.456 gapura yang ada di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,  NGAMPRAH --  Gapura milik warga di RT 02, Komplek Permata Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. berhasil menyabet Piala Presiden dalam rangka Festival Cinta Negeri HUT ke-74 RI. Sebagai gapura terbaik mereka mengalahkan 1.456 gapura yang ada di seluruh Indonesia.

Sekretaris RT 02, Dede Rahmat, mengungkapkan gapura yang dibuat selama satu bulan tersebut berhasil menjadi 10 gapura terbaik dan gapura terbaik. Ganjarannya, mereka diganjar piala presiden dan dana total sebesar Rp 300 juta.

"Pada 2 September pas puncak acara langsung disampaikan presiden 10 gapura terbaik dan dipilih lagi satu gapura terbaik memperebutkan piala bergilir," ujar Dede, Ahad (8/9).

Dia mengungkapkan, 80 persen bahan yang digunakan sebagai gapura yaitu bambu. Pengerjaan dilakukan pada Sabtu-Ahad saat warga sedang libur bekerja. Menurut Dede, gapura itu dinamakan gapura edukasi dan interaksi, gapura cinta negeri.

Dede mengatakan selain terdapat ornamen bendera juga ditambahkan diorama perjuangan termasuk perjuangan Soekarno. Kemudian perjuangan Presiden Jokowi yang membangun infrastruktur pembangunan.

"Gapura interaktif kita menampilkan interaksi pengunjung dengan gapura, tidak hanya foto. Seperti ada bendera dari bola plastik berwarna merah putih itu bisa berkibar jika si pengunjung menggerakan bagian engkelnya," kata Dede.

Kemudian, terdapat patung gambar orang-orangan. Dimana, jika pengunjung menggerakan tali maka patung bergerak sendiri mengibarkan bendera. "Itu sangat disukai sama anak-anak," jelas Dede.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement