Rabu 04 Sep 2019 17:39 WIB

Nasdem Minta Evaluasi Menyeluruh BPJS Kesehatan

Evaluasi mulai dari pembiayaan & pencairan BPJS hingga soal data peserta bebas iuran.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate
Foto: Antara/Reno Esnir
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate menegaskan Partai Nasdem menolak rencana pemerintah menaikan iuran BPJS Kesehatan. Menurutnya secara keseluruhan evaluasi BPJS Kesehatan harus segera dilakukan. 

"Secara keseluruhan BPJS ini perlu ada perbaikan yang menyeluruh, perlu evaluasi menyeluruh. Jangan hanya semata-mata hanya pekerjaan accounting," kata Plate di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (4/9).

Baca Juga

Ia pun menyoroti sejumlah hal yang perlu diperbaiki BPJS Kesehatan. Pertama, proses pembiayaan atau pencairan BPJS harus dilihat secara menyeluruh.

"Hanya ada dua pilihan untuk mengatasi BPJS. Yang satu ditambah dari APBN, atau menaikan iuran. Hanya ada dua pilihan," ujarnya.

Plate menambahkan, jika pembiayaan BPJS Kesehatan ditambah dari APBN maka hal tersebut bisa menjadi beban fiskal. Namun, jika pembayaran oleh peserta mandiri dilakukan dengan benar maka aktuaria harus melihat dengan benar apakah mekanisme pembiayaan yang ada di BPJS ini sudah betul atau belum.

"Ada kecenderungan tidak seimbang antara pengeluaran BPJS dengan iuran oleh peserta mandiri. Ini yang harus kita perbaiki," ucapnya.

Selain itu, ia juga menduga ada ketidakuratan data peserta bebas iuran (PBI). Ia menilai ada 10 juta data yang belum divalidasi. "Itu harus dilakukan validasinya dengan benar. Tentu tidak bisa BPJS sendiri. tapi lintas kementerian," tutur anggota komisi XI DPR itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement