Selasa 27 Aug 2019 21:46 WIB

Karawang Dorong Kosmetik Jadi Produk Wisata

Pemerintah daerah ini mendorong supaya kosmetik hasil UMKM menjadi produk wisata.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Badan POM RI, Penny Kusumastuti Lukito
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kepala Badan POM RI, Penny Kusumastuti Lukito

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemkab Karawang, pada 2021 mendatang akan fokus pada sektor pariwisata. Mengingat, selain terkenal karena pertaniannya, di wilayah ini juga banyak objek wisata yang cukup tersohor.

Selain itu, pemerintah daerah ini mendorong supaya kosmetik hasil UMKM menjadi produk wisata. Sekda Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan, pihaknya berencana akan bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat, untuk menjadikan kosmetik sebagai produk wisata. Rencana ini, sangat mendasar. Karena, di Karawang terdapat ribuan perusahaan penghasil produk-produk kecantikan.

Baca Juga

"Selain itu, adapula penghasil produk kosmetik yang berasal dari industri menengah dan pelaku UMKM," ujar Acep, Selasa (27/8).

Apalagi, di 2021 mendatang, Karawang akan memfokuskan pada sektor pariwisata. Sepertinya, produk kosmetik khas daerah bisa dijadikan sebagai produk wisata.

Sementara itu, Kepala BPOM RI, Penny Lukito, mengatakan, pihaknya datang ke Karawang, dalam rangka penyelenggaraan acara penggalangan kosmetik bebas merkuri. Tujuannya, untuk mendukung program pemerintah. Yaitu, rencana aksi nasional pengurangan dan penghapusan merkuri.

"Dengan target, kosmetika bebas merkuri. Program ini, akan digulirkan tahun depan," ujar Penny.

Pihaknya berharap, generasi milenial dapat menjadi motor perubahan dalam lingkungan. Generasi ini, bisa mengajak keluarga dan rekannya untuk waspada dan tidak menggunakan kosmetik mengandung merkuri.

"Karena, produk bermerkuri ini memiliki efek instan untuk memutihkan namun berbahaya bagi kesehatan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement