Selasa 27 Aug 2019 16:52 WIB

DPRD Kabupaten Bandung Barat Janji Pro Rakyat

Anggota DPRD KBB memastikan aspirasi rakyat masuk pada program pembangunan.

Para anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih periode 2019-2024 saat membacakan sumpah jabatan di Hotel Mason Pine, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (26/8).
Foto: Dedi Junaedi/REPUBLIKA
Para anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih periode 2019-2024 saat membacakan sumpah jabatan di Hotel Mason Pine, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sedikitnya 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih periode 2019-2024 resmi dilantikdi Hotel Mason Pine, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (26/8). Pejabat legislatif itu berjanji akan menyalurkan seluruh aspirasi rakyat dalam skema pembangunan Kabupaten Bandung Barat.

Dari 50 anggota DPRD KBB yang terpilih, hanya seorang yang tidak bisa hadir dalam proses pelantikan tersebut, karena masih menjalankan ibadah haji. Anggota DPRD KBB terpilih yang tidak hadir itu, akan dilantik oleh pimpinan DPRD KBB definitif.   

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai yang meraih kursi terbanyak, yakni delapan kursi. Lalu, PDIP tujuh kursi, Partai Gerindra tujuh kursi, Partai Golkar lima kursi, PKB lima kursi, Partai Demokrat lima kursi, PAN empat kursi, Nasdem empat kursi, PPP tiga kursi, dan Perindo satu kursi.

Para wakil rakyat itu, 21 di antaranya merupakan wajah baru, dan sisanya yang 29 orang merupakan incumbent. Ketua DPRD KBB Sementara Bagja Setiawan mengungkapkan, dalam waktu dekat ini akan segera membentuk pimpinan DPRD definitif, tata tertib DPRD, dan perangkat DPRD KBB.   

Pembentukan perangkat DPRD KBB menjadi penting untuk disegerakan, mengingat harus segera menetapkan APBD Perubahan KBB tahun anggaran 2019. APBD merupakan sumber pembiayaan atas kegiatan pembangunan.

Oleh karena itu, pihaknya berjanji akan mempercepat penetapannya. ‘’Kami berjanji akan memprioritaskan aspirasi rakyat,’’ ujarnya.  

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyampaikan selamat atas pelantikan DPRD KBB 2019-2024. Menurut dia, Pemkab Bandung Barat membutuhkan mitra dalam menjalankan roda pembangunan.

‘’Kami harap, pascapelantikan ini bisa segera membahas APBD perubahan 2019 yang sempat tertunda,’’ ujar Hengky di sela acara pelantikan DPRD KBB 2019-2024. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan selamat bergabung kepada wajah-wajah baru anggota DPRD KBB.

Kata Hengky, hadirnya wajah baru akan membawa semangat baru. ‘’Anggota DPRD adalah pilihan rakyat, mari bekerja untuk rakyat,’’ tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Hengky tidak mempermasalahkan pelaksanaan pelantikan yang berlangsung di hotel. Sebab, tutur dia, proses pelantikan membutuhkan suasana khidmat dan nyaman.

Terlebih, kata dia, hotel yang digunakan untuk pelantikan tersebut berada di KBB, sehingga pendapatan asli daerahnya masuk ke APBD KBB.

‘’Kan tidak setiap hari, pelantikan sakral butuh tempat nyaman dan strategis dan ada saatnya terjun ke masyarakat. Satu hari pelantikan di hotel, lalu lima tahun terjun ke masyarakat,’’ katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat periode 2019-2024

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

1. Nevi Hendri

2. Agus Susanto

3. Iman Budiman

4. Rismanto

5. Hely Narni

6. Gumilar

7. Bagja Setiawan

8. Parid Rida

Partai Gerindra

1. Pipih Supriati

2. Amung Ma'mur

3. Sundaya

4. Darjat Saefudin

5. Hanes Lise

6. Apendi Supriadi

7. Deden Kusuma

PDIP

1. Deni Setiawan

2. Ahmad Dahlan

3. Ida Widaningsih

4. Iwan Ridwan

5. Rahmat Mulyana

6. Taofikurohman

7. Yayat Sudyat

PKB

1. Asep Sudrajat

2. Wendi Sukmajaya

3. Ade Wawan

4. Ahmad Kosasih

5. Alit Munawar

Partai Golkar

1. Sunarya Erawan

2. Cecep Sudrajat

3. Ayi Sudrajat

4. Agus Mahdar Hilmi

5. Dadan Supardan

Partai Nasdem

1. Didin Rachmat

2. Metti Melani

3. Yana Rodiana

4. Novia Lisnawati

Partai Amanat Nasional (PAN)

1. K Wahyu

2. Asep Wahyu Rohendi

3. Caca Herdiana

4. Dona Ahmad Muharam

5. Asep Muslim Sugilar

Partai Demokrat

1. Koswara Suzaenal

2. Cecep Lukman Nurhakim

3. Pither Tjuandy

4. Iwan Setiawan

5. Asep Sopyan

PPP

1. Inen Sutisna

2. Ade Roni

3. Hilman

Partai Perindo

1. Edi Mirwan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement