Rabu 28 Aug 2019 00:08 WIB

Sediakan Beasiswa S1-S3, Jabar Gandeng 105 Universitas

Beasiswa Jabar Future Leader ini untuk 1.697 pemegang KTP Jawa Barat.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pendidikan Jabar membuka kesempatan peraihan beasiswa Jabar Future Leader untuk 1.697 warga pemegang KTP Jawa Barat. Beasiswa ini terbuka untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Plh Sekretaris Daerah Jabar, Daud Achmad mengatakan, beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa dan siswi yang memenuhi kriteria prestasi yang ditetapkan, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

"Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang berprestasi. Kan biasanya beasiswa hanya untuk siswa yang berprestasi tapi tidak mampu saja," ungkapnya selepas memberi paparan soal beasiswa Jabar Future Leader di acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Senin (26/8/1993).

AYO BACA : 4 Tips Agar Anak Suka Matematika dari Jerome Polin

Untuk penerimaan prestasi akademis, dibuka kuota sebanyak 1.312 mahasiswa yang terbagi ke dalam empat jenis beasiswa, yakni beasiswa penuh jenjang S1 untuk 705 mahasiswa, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 untuk 157 mahasiswa, beasiswa bantuan biaya pendidikan S3 sebanyak 50 mahasiswa dan beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi untuk S1 sebanyak 400 mahasiwa.

Beasiswa pendidikan penuh jenjang S1 dan S2, serta bantuan biaya pendidikan jenjang S3 diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang diterima di 10 universitas terakreditasi A, yang telah bekerja sama dengan Pemprov Jabar. Ke-10 universitas tersebut adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Telkom, Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Presiden.

Khusus bagi beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, terdapat satu tambahan universitas yang dapat dipilih, yakni UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sementara, beasiswa jenis percepatan akses pendidikan jenjang S1 dapat diikuti oleh mahasiswa dari 98 universitas yang ada di Jawa Barat selama satu tahun.

AYO BACA : 400.000 beasiswa KIP Disediakan Kemenristekdikti Tahun Depan

"Total ada sekitar 105 universitas yang berpartisipasi," ungkap Daud.

Selain itu, Jabar Future Leader juga dibuka untuk mahasiswa atau calon mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik. Kuota pemerimaan untuk jalur ini sebanyak 385 orang yang tersebar bagi mahasiswa dengan prestasi keagamaan, prestasi keolahragaan, prestasi kesenian, dan keorganisasian.

Daud mengatakan, anggaran yang digelontorkan pihaknya guna membiayai program ini adalah senilai Rp50 milyar. Diharapkan, para penerima beasiswa nantinya dapat memberi sumbangsih bagi pembangunan di Jawa Barat, terutama yang memiliki sinergi dengan 9 fokus pembangunan Jabar.

"Diharapkan mereka nantinya terjun di Jabar, membantu berbagai program prioritas pembangunan Jabar," ungkapnya.

Seluruh persyaratan, jawaban dari pertanyaan yang sering dilontarkan, hingga tanggal-tanggal penting seputar beasiswa ini dapat diakses di tautan https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/. Pendaftaran dibuka mulai Senin (26/8/2019). 

AYO BACA : Demi Ekosistem Ekonomi Digital, Kominfo Beri 18 Mahasiswa Beasiswa

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement