Kamis 22 Aug 2019 18:41 WIB

UMP Kaji Pertanian Terpadu dan Berkeadilan

Tim dari Faperta UMP melakukan upaya diversifikasi pangan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah,  menggelar seminar bertajuk Optimalisasi Sumber Daya Lokal untuk Pembangunan Pertanian Terpadu dan Berkeadilan, Kamis (22/9). Seminar yang digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah ini menghadirkan sejumlah pakar di bidang pertanian.

Antara lain Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementan Gatut Sumbogodjati, dosen Fakultas Pertanian UGM Prof Masyhur, dosen Faperta UMP Dr Pujiharto, dan praktisi Pertanian Gembong Danudiningrat.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho yang diwakili  Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Jebul Suroso, menyatakan UMP berkomitmen untuk ikut mengembangkan bidang pertanian di Tanah Air melalui kegiatan penelitian yang dilakukan civitas akademikanya.

''Bahkan kita telah memberikan lahan yang cukup kepada kawan-kawan di fakultas pertanian agar bisa leluasa melakukan penelitian,'' kata dia.

Jebul juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan akademik dan penelitian yang telah dicapai Fakultas Pertanian. ''Tim dari Faperta UMP melakukan upaya diversifikasi pangan dengan membuat es krim berbahan baku ubi jalar. Es krim buatan Faperta UMP ini, kemarin juga dicatat di MURI dalam acara kegiatan makan es krim ubi jalar terbanyak,'' katanya.

Ia juga berharap, berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan civitas akademika di Faperta UMP ke depan, juga dapat terus menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

''Alhamdulillah, mahasiswa Faperta UMP saat ini juga sudah semakin banyak. Ini menandakan kepercayaan masyarakat sudah semakin meningkat,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement