BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Setelah Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mewacanakan Lintas Rel Terpadu (LRT) masuk ke Kota Bogor, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah membuat konsep moda transportasi berbasis rel lainnya, yaitu trem sebagai angkutan feeder dari LRT.
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan bahwa berdasarkan kajian sementara, akan ada delapan stasiun trem yang mengelilingi pusat kota. Menurutnya, moda transportasi ini akan menghubungkan Terminal Baranangsiang, Stasiun akhir LRT, Stasiun Paledang, hingga Stasiun Bogor.
"Rencananya ada delapan stasiun, Lawang Suryakencana, Mall BTM, Jalan Paledang, Alun-alun Bogor, Jalan Pengadilan, Lapangan Sempur, Mall Lippo Keboen Raya, dan Mall Botani Square," beber mantan Direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, Kamis (22/8/2019).
AYO BACA : Dalam Dua Pekan, Kabupaten Bogor Diguncang 76 Aktivitas Swarm
Menurutnya, sebelum mengerucut ke moda transportasi berupa trem, Pemkot Bogor sempat mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar rute LRT bisa mengelilingi Kebun Raya Bogor sebelum berakhir di stasiun Baranangsiang. Hanya saja, opsi tersebut dimentahkan dengan alasan memerlukan biaya yang relatif mahal.
"Kemudian ada pilihan kedua yaitu transportasi berupa monorel. Tapi, itu pun masih terlalu mahal, kemudian trem pilihan yang paling ideal," kata Dedie.
Ia berharap, beberapa jenis moda transportasi berbasis rel akan memecah kepadatan di pusat kota. Pasalnya, kini mobilitas masyarakat dari Bogor ke Jakarta terpusat di Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor.
AYO BACA : Warga Kota Bogor Bisa Gelar Akad Nikah Gratis di Mal
Berdasarkan penelitiannya bahkan dari rata-rata 280 ribu penumpang KRL per hari, sebanyak 200 ribu penumpang bergerak dari arah Bogor menuju Jakarta. Sedangkan arah sebaliknya hanya 80 ribu penumpang.
"Kita harapkan dengan sistem transportasi berbasis rel berbahan bakar listrik ini juga akan mengurangi pencemaran udara di pusat kota," tuturnya.
BPTJ bersama Pemkot Bogor resmi menetapkan wilayah Baranangsiang Kota Bogor sebagai stasiun akhir LRT. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono menyebutkan, pemilihan lokasi di area yang kini difungsikan sebagai terminal bus itu karena tempat tersebut akan dijadikan Transit Oriented Development (TOD) oleh Pemkot Bogor.
"Seyogyanya LRT ujungnya harusnya ada di Baranangsiang. Jadi kalo bicara TOD jangan diartikan hanya developer seperti biasa, justru pola transitnya yang paling penting," kata Bambang.
AYO BACA : Pemprov Jabar Danai Pembangunan Pasar Cisarua Puncak