Rabu 21 Aug 2019 23:27 WIB

Sukabumi Kembali Diguncang Gempa

Dalam sehari ini, sudah tiga kalu gempa melanda Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi gempa di Indonesia
Ilustrasi gempa di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Guncangan gempa yang berpusat di Kota Sukabumi, Jawa Barat kembali terjadi pada Rabu (21/8) malam. Sehingga pada Rabu ini terjadi tiga kali gempa yang berpusat di Sukabumi.

Terakhir gempa terjadi pada Rabu sekitar pukul 20.49 WIB dengan magnitudo 3,3 SR. Lokasi gempa berada pada 6.76 LS 106.51 BT dengan kedalaman 10 kilometer dan pusat gempa berada di darat 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga

"Pada Rabu malam ada gempa lagi," ujar Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna. Sehingga pada Rabu ada tiga kali gempa yang berpusat di Sukabumi.

Informasi yang dihimpun dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama berkekuatan 3,9 Skala Richter (SR) menggetarkan wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (21/8) sekitar pukul 03.16 WIB. Titik gempa berada di 6,77 LS-106,52 BT atau 24 kilometer barat laut Sukabumi. Pusat gempa bumi berada di darat dengan kedalaman satu kilometer.

Sementara Gempa kedua terjadi pada pukul 11.24 WIB dengan magnitudo 3,4 dengan titik koordinat 6.9 LS 106.59 BT dengan kedalaman 5 kilometer dan pusat gempa berada di darat 37 kilometer Barat Laut Kota Sukabumi.

Getaran gempa ini ungkap Daeng, menyebabkan kerusakan maupun korban jiwa. Hal ini berdasarkan pada laporan petugas di lapangan. Ketika ada laporan kerusakan, maka petugas akan segera menindaklanjutinya.

Di Kota Sukabumi juga dilaporkan tidak ada kerusakan akibat gempa yang terjadi sebanyak tiga kali tersebut. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, getaran gempa sebagian tidak dirasakan oleh warga. Diduga getaran gempa berlangsung singkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement