Rabu 21 Aug 2019 08:38 WIB

Gempa Tektonik Kembali Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
Gempa Tektonik Kembali Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Tektonik Kembali Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi tektonik pada Rabu (21/8/2019), pukul 03.06 WIB. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi tersebut berkekuatan 3.9 magnitudo.

AYO BACA : BPBD: Dalam Sehari, Sukabumi Diguncang Gempa 3 Kali

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, mengatakan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS - 106.52 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km barat laut Kabupaten Sukabumi. Gempa berada di kedalaman 1 km.

AYO BACA : Senin Malam, Sukabumi Diguncang Lindu Dua Kali

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik," ujar Hendro, dalam keterangan resminya yang diterima ayobandung.com, Rabu (21/8/2019).

Menurut peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dapat dirasakan  di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI.  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

Menurut Hendro, hingga pukul 03:22 WIB, hasil monitoring BMKG terhitung sejak 10 Agustus 2019 ada 43 gempa pendahuluan yang terjadi di wilayah tersebut. Selain itu, ada juga 3 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," jelasnya.

AYO BACA : Gempa Sukabumi Senin Pagi Tidak Timbulkan Kerusakan

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement