Selasa 20 Aug 2019 08:12 WIB

Jabar Jadi Provinsi Pariwisata, DPRD: Masih Banyak PR

Pembangunan Jawa Barat secara umum diarahkan kepada pengembangan industri pariwisata,

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
Jabar Jadi Provinsi Pariwisata, DPRD: Masih Banyak PR
Jabar Jadi Provinsi Pariwisata, DPRD: Masih Banyak PR

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Hari ini, Senin (19/8/2019), Jawa Barat memasuki usianya yang ke-74. Guna memperingatinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta jajaran menggelar upacara peringatan HUT di Lapangan Gasibu Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang didaulat menjadi inspektur upacara memberi pidato soal fokus pembanguan Jabar lima tahun ke depan. Dia mengatakan, sektor pariwisata dan ekonom kreatif akan menjadi prioritas.

"Pembangunan Jawa Barat secara umum diarahkan kepada pengembangan industri pariwisata, ekonomi kreatif dan digital," ungkapnya. 

AYO BACA : Jabar sebagai Provinsi Pariwisata, Mungkinkah?

Salah satu yang ditargetkan adalah meningkatnya besaran pendapatan asli daerah (PAD) Jabar yang bersumber dari sektor tersebut.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi mengatakan bahwa Jabar masih memiliki sejumlah tantangan untuk mewujudkan mimpinya menjadi provinsi pariwisata. Perbaikan demi perbaikan pada berbagai aspek dinilai masih perlu dilakukan. 

"Baru dicanangkan tahun ini bahwa Jabar ingin jadi provinsi pariwisata. Tentunya tantangannya banyak, bukan hanya kontribusi yang jngin didapatkan, tapi kami juga ingin menitikberatkan pada perbaikan," kata Ineu ketika ditemui selepas upacara.

AYO BACA : Wagub Uu: Jabar Ingin Jadi Provinsi Pariwisata Indonesia

Salah satu hal yang menjadi sorotan, Ini mengatakan adalah perihal kelengkapan infrastruktur.

Infrastruktur jalan menuju tempat wisatanya juga harus dikembangkan, dan (tempat tersebut) harus dibuat menjadi tempat wisata yang menarik. Itu juga tantangan yang harus dilakukan selain ingin mencapai kontribusi yang besar.

Ketika disinggung mengenai anggaran pembangunan sektor pariwisata yang tinggi, Ini mengatakan dirinya mengatakan perencanaan yang matang adalah kunci. Hingga saat ini, prioritas pembangunan Jabar secara nasional masih berada di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan peningkatan daya beli.

"Ya kita akan lihat mana yang prioritas, karena priroritas pembangunan di Jabar secara nasional di UU kan masih pendidikan, kesehatan infrstruktur dan daya beli," kata Ineu.

AYO BACA : Jabar Dinobatkan Sebagai Provinsi Paling Mempesona

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement