Rabu 14 Aug 2019 16:47 WIB

Warga Tasik Syukuran Qurban di Lokasi Terdampak Kekeringan

ACT menyalurkan sebanyak 24 ekor kambing kurban.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Dwi Murdaningsih
ACT Tasikmalaya membagikan daging kurban ke warga di Kampung Munjul, Desa Sukasukur, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya
Foto: Dok ACT Tasikmalaya
ACT Tasikmalaya membagikan daging kurban ke warga di Kampung Munjul, Desa Sukasukur, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan warga Kampung Cisugih, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, berkumpul di sebuah tanah lapang, sejak Rabu (14/8) pagi. Di bawah teduhnya tenda-tenda milik TNI, mereka berencana mengadakan Syukuran Qurban, menyantap daging kambing bersama-sama dan mengambil jatah kurban yang telah disediakan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) bekerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0612/Tasikmalaya, itu sengaja dilaksanakan di Kampung Cisugih. Rata-rata warga kampung itu masih berstatus kekeringan. Selain itu, selama musim kemarau, sumur-sumur warga sudah mengalami kekeringan.

Baca Juga

Kepala Cabang ACT Tasikmalaya Taufik Perdana mengatakan, kegiatan Syukuran Qurban memang sengaja dilakukan dengan acara makan bersama dengan masyarakat. Dengan begitu, mereka yang menerima manfaat dapat langsung merasakan kenikmatan daging hewan kurban.

"Simpelnya, kita berbagi sedikit kebahagiaan dengan warga Kampung Cisugih. Kita makan bersama dan membagikan daging kurban," kata dia, Rabu (14/8).

Di kampung itu, ACT menyalurkan sebanyak 24 ekor kambing kurban. Enam ekor dimasak untuk disantap bersama-sama dengan warga, sisanya dibagikan ke 600 kepala keluarga (KK) yang terdata.

Menurut Taufik, dalam rangkaian Global Qurban yang ACT Tasikmalaya, sedikitnya 1.300 ekor kambing telah disalurkan kepada masyarakat Priangan Timur. Sebanyak 300 ekor kambing dibagikan ke daerah perkotaan, sementara seribu ekor disalurkan ke masyarakat pesisir selatan. Sedikitnya, 90 ribu warga menerima manfaat dari penyaluran hewan kurban tersebut.

Selain memyalurkan hewan kurban, ACT juga membagikan air bersih untuk warga di kampung itu. Taufik mengatakan, pembagian air ke depannya akan dilakukan secara berjadwal.

Dalam acara Syukuran Qurban, para anggota TNI bertugas untuk menyiakap masakan untuk warga. Candra mengatakan, seluruh peralatan masak lapangan dibawa untuk menyediakan masakan. Selain itu, TNI juga mendirikan tenda lapangan agar masyarakat yang berkumpul tidak kepanasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement