Selasa 13 Aug 2019 13:42 WIB

120 Nama Calon Terpilih DPRD Jabar Ditetapkan, Gerindra Terbanyak

120 nama calon anggota DPRD Jabar 2019-2024 telah ditetapkan KPU

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
120 Nama Calon Terpilih DPRD Jabar Ditetapkan, Gerindra Terbanyak
120 Nama Calon Terpilih DPRD Jabar Ditetapkan, Gerindra Terbanyak

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 120 nama calon anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) periode 2019-2024 telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Selasa (13/8/2019). Melalui rapat pleno yang digelar di aula kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, diketahui bahwa sebanyak 10 partai politik berhasil mengamankan kursinya. 

AYO BACA : Rachmawati Tegaskan Gerindra Masih Oposisi

"Hari ini kami melakukan penetapan kursi partai politik pada calon terpilih berdasarkan hasil putusan Mahkamah Konsitusi pada 9 Agustus 2019 kemarin. Kami menetapi ada 10 parpol yang dapat kursi di Jabar," ungkap Ketua KPU Jabar, Rifqi Alimubarok ketika ditemui seusai rapat.

AYO BACA : Muncul Poros Baru PDID-Gerindra, Golkar Optimistis Koalisi Tetap Solid

Kesepuluh parpol tersebut adalah Gerindra, PKS, PDIP, Golkar, PKB, Demokrat, PAN, Nasdem, PPP dan Perindo. Gerindra mendapat jatah terbanyak sebesar 25 kursi. "Dari 120 kursi, Gerindra memperoleh 25 kursi, kemudian disusul PKS 21 kursi, PDIP 20 kursi, Golkar 16 kursi, dan seterusnya," ungkap Rifqi.

Sementara itu, sisanya diraih PKB (12 kursi), Demokrat (11 kursi), PAN (7 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (3 kursi) dan Perindo (1 kursi).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 62% calon anggota dewan yang terpilih merupakan wajah baru. Sisanya atau sebesar 38% diisi oleh wajah lama. Sementara itu, sebanyak 19% kuotanya diisi perempuan.

Menanggapi tingginya persentase politisi baru di kursi DPRD Jabar, Rifqi mengatakan, ia berharap hal tersebut dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. "Mudah-mudahan ada penyegaran dan membawa perubahan. Atau mungkin juga ada regenerasi atau kepercayaan masyarakat yang lebih ingin kebaruan," ungkapnya.

AYO BACA : Andre Rosiade: Dari Dulu Gerindra Selalu Dapat Tawaran Menteri

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement