Senin 12 Aug 2019 14:47 WIB

Dishub Kota Bandung Siapkan Koridor Baru TMB

Dishub kota bandung sedang menyiapkan koridor lima untuk layanan TMB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Penumpang menunggu keberangkatan bus Trans Metro Bandung (TMB) di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/4/2019).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Penumpang menunggu keberangkatan bus Trans Metro Bandung (TMB) di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyiapkan penambahan koridor untuk layanan angkutan umum Trans Metro Bandung (TMB). Koridor ini akan menjadi trayek baru bagi TMB yang sebelumnya sudah memiliki empat koridor.

Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan pihaknya tengah menyiapkan koridor lima untuk layanan TMB. Koridor ini akan melayani jalur baru Antapani - Stasiun Hall.

Baca Juga

“Bulan depan atau September akan kami launching koridor 5,” kata Ricky, Senin (12/8).

Menurut Ricky penambahan koridor ini untuk memenuhi kebutuhan angkutan TMB bagi masyarakat dengan trayek Antapani - Stasiun Hall yang selama ini belum ada. Rencananya ada 15 bus yang beroperasi di koridor 5. Ia menuturkan 15 bus ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada Pemkor Bandung. Bus dengan tipe ukuran sedang ini diharapkan bisa mulai beroperasi pada September mendatang.

“TMB itu beroperasi dari setengah 6 (pagi) sampai malam,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya koridor baru ini dapat membantu masyarakat beralih ke angkutan massal. Selain itu, diharapkan ada tambahan pemasukan dari operasional TMB ini. Dengan jumlah penumpang TMB yang tercatat setiap harinya sekitar 300 orang per bus.

“Jumlah bus TMB perkoridor 10 berarti empat koridor 40 bus yang sudah beroperasi sekarang,” tuturnya.

Selain penambahan koridor, ia merencanakan ke depannya akan ada perbaikan shelter TMB yang ada di Kota Bandung. Sehingga layanan transportasi umum bisa lebih nyaman dan diminati masyarakat. 

Saat ini bus TMB melayani empat koridor. Koridor 1 melayani jurusan Cibiru-Cibeureum, koridor 2 jurusan Cicaheum - Cibeureum, koridor 3 jurusan Cicaheum - Sarijadi, dan koridor 4 jurusan Leuwipanjang - Antapani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement