Ahad 11 Aug 2019 11:01 WIB

Emil Kurban Sapi Seberat 652 Kilogram

Daging hewan kurban tersebut, dikemas dengan besek bambu.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sambutan sebelum shalat Idul Adha 1440 H, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Ahad (10/8).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sambutan sebelum shalat Idul Adha 1440 H, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Ahad (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Raya Jawa Barat akan menyembelih 10 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Dua sapi di antaranya merupakan titipan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo. Sapi titipan Ridwan Kamil, beratnya sekitar 652 kilogram, sedangkan berat sapi titipan Jokowi lebih berat yakni mencapai 950 kilogram. Daging hewan kurban tersebut, dikemas dengan besek bambu.

Menurut Ridwan Kamil, Masjid Raya Jabar akan menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Salah satu sapi tersebut, merupakan titipannya sebagai gubernur. "Di antara 10 sapi saya sebagai gubernur menitipkan satu sapi kalau enggak salah 600 kg ya beratnya. Juga ada sapi dari Pak Jokowi paling besar besar sekali 900 kilo posturnya, dah kayak kuda," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Ahad (11/8).

Baca Juga

Emil mengatakan, dengan kurban tersebut menandakan ia ingin berbagi Idul Kurban dengan masyarakat Jabar. Bahkan, ia berharap tak hanya dibagikan ke mustahik daerah masjid di Kota Bandung saja, tapi juga ke pelosok-pelosok sampai ujung Jabar. Salah satunya, Kabupaten Tasikmalaya.

"Mudah-mudahan dengan Idul kurban ini kita bisa meningkatkan ketakwaan juga semangat pengorbanan karena peningkatan jumlah yang berkurban juga," katanya.

Selain di sini juga, kata Emil, ia pun bekurban di beberapa tempat lainnya. Karena, ada rezeki sehingga ingin bisa berpartisipasi lebih. Masjid Raya sendiri, mengikuti arahan Gubernur Jabar, sudah menyiapkan 2.000  besek dari bambu untuk dijadikan tempat daging kurban yang akan dibagikan.

Sementara menurut Plh Sekda Provinsi Jabar, Daud Ahmad, ASN Jabar tahun ini berkurban sebanyak 36 ekor sapi dan 46 domba yang dititipkan ke Baznas. Kurban dari ASN ini, sudah disalurkan juga. "Kalau lainnya kan di rumah-rumah masing-masing juga banyak. Untuk keseluruhan itu dicatat di Baznas, dan kita belum mendapat laporan dari seluruh Jawa Barat," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement