Selasa 06 Aug 2019 15:13 WIB

Danau Sentarum Kering Sampai Bisa Dilintasi Motor

Pemotor bisa menyeberangi Danau Sentarum untuk mencapai Pulau Sepandan.

Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).
Foto: Antara/Hs Putra Pasaribu
Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, PUTUSSIBAU -- Air di kawasan wisata Danau Sentarum mengering pada musim kemarau. Alhasil, areal danau itu bisa dilalui sepeda motor sampai ke bagian tengahnya.

"Itulah keunikan Danau Sentarum, biasa untuk berkeliling danau mesti pakai speed boat atau pun long boad, tapi sekarang bisa menggunakan sepeda motor, karena danau Sentarum mengering," kata Kepala Balai Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu, Arief Mahmud, dihubungi Antara, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.

Menurut Arief, kekeringan Danau Sentarum itu, memang biasa terjadi apabila terjadi kemarau panjang seperti saat ini. Masyarakat bisa mengendarai sepeda motor hanya kurang lebih 20 menit saja untuk menuju Pulau Sepandan.

"Kemarau kali ini hanya menyisakan sedikit air di Danau Sentarum," ucap Arief.

Sementara itu, menurut Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan TNBKDS, Ahmad Sirojudin bahwa kekeringan Danau Sentarum saat ini dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan. Sejumlah titik yang masih tersisi menyimpan air.

"Sekarang musimnya masyarakat panen ikan," ucap Sirojudin.

Menurut Sirojudin, kondisi Danau Sentarum yang menjadi daratan ini juga memiliki pemandangan yang juga luar biasa. Hamparan daratan seluas mata memandang.

"Jadi di saat musim penghujan Danau Sentarum menjadi gudang air, di musim kemarau menjadi daratan dan di situlah sisi uniknya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement