Sabtu 03 Aug 2019 01:55 WIB

Gempa 4,4 SR Guncang Sukabumi tak Berpotensi Tsunami

Gempa 4.4 SR Sukabumi terjadi pada pukul 00.22 WIB.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nashih Nashrullah
(ilustrasi) lokasi gempa bumi zaman kuno
Foto: tangkapan layar pinterest
(ilustrasi) lokasi gempa bumi zaman kuno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gempa berkekuatan magnitudo 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 00.22 WIB. Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada di laut pada jarak 49 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi dan tidak berpotensi tsunami. 

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/8) dini hari. 

Baca Juga

Menurut Nugroho, gempa bumi tersebut dirasakan beberapa wilayah seperti wilayah Panggarangan dan Lebak-Banten dengan Skala Intensitas II MMI. Kemudian di Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas I-II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 00:38 WIB, hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Namun dia tetap mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut. 

“Pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari lima  hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui laman (http://balai2.bmkg.go.id/),” kata dia.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement