Sabtu 03 Aug 2019 01:37 WIB

Warga Sukabumi Kembali Rasakan Gempa Magnitudo 4,4

Gempa bumi melanda Sukabumi pada pukul 00.22 WIB.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nashih Nashrullah
Gempa (ilustrasi)
Foto: republika
Gempa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Guncangan gempa kembali dirasakan warga Kota/Kabupaten Sukabumi, Sabtu (3/8) dini hari. Dampaknya warga yang sebagian tengah berada di dalam rumah kembali keluar rumah. 

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut bermagnitudo 4,4 dan terjadi pukul 00.22 WIB. Lokasi gempa berada di titik koordinat 7.43 LS - 106.48 BT dan berpusat di 49 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 27 kilometer.

Baca Juga

‘’Getaran kembali terasa cukup kencang tapi tidak selama gempa sebelumnya,’’ terang warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi Wahyu (30 tahun). Namun hal ini membuat warga terkejut karena masih mengingat gempa sebelumnya yang jauh lebih kencang.

Menurut dia, getaran gempa ini menyebabkan warga makin waspada karena khawatir terjadi gempa susulan. Sehingga sebagian warga kembali ke luar rumah.

Hal senada disampaikan warga Cibadak, Kabupaten Sukabumi Yusuf (44). ”Gempa lagi dan cukup mengagetkan,’’ cetus dia. Sebabnya warga sebelumnya sempat merasakan gempa pada Jumat malam.

Dia mengatakan dari pantauannya gempa kali ini tidak sekencang sebelumnya. Namun getarannya tetap membuat panik warga.  

Sebelumnya, warga Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, panik diguncang gempa dengan magnitudo 7,4 SR yang berpusat di Banten, Jumat (2/8) malam. Mereka berlarian ke luar rumah dan pusat perbelanjaan karena guncangan gempa cukup kuat terasa.  

Data dari BMKG menyebutkan gempa terjadi pukul 19.03 WIB. Lokasi gempa berada pada koordinat 7.54 LS,104.58 BT yang berpusat di 147 km barat daya Sumur-Banten dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement