Senin 29 Jul 2019 10:49 WIB

12 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Arjuno

Dari 90 orang pendaki, 78 di antaranya telah berhasil turun dari gunung yang terbakar

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Gunung Arjuno dilihat dari Gerbang tol Lawang, Kabupaten Malang
Foto: Dok Humas Kementerian PUPR
Gunung Arjuno dilihat dari Gerbang tol Lawang, Kabupaten Malang

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Sekitar 12 pendaki dilaporkan masih terjebak di Gunung Arjuno hingga Senin dini hari (29/7). Untuk selanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan tim relawan akan terus melakukan evakuasi secara keseluruhan.

Seperti diketahui, hutan di area puncak Gunung Arjuno telah mengalami kebakaran pada Ahad (28/7) pukul 09.30 WIB. Kejadian ini pun langsung direspons oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu di Pos Pendakian Gunung Arjuno, Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Upaya evakuasi dilakukan Ahad (28/7) pukul 16.40 WIB.

Baca Juga

Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Abdur Khoirur Rochim menjelaskan, pengelola sebelumnya telah menerima data 90 orang pendaki yang terdaftar di buku tamu pendakian Gunung Arjuno Pos Sumberbrantas. Dari 90 orang tersebut, 78 di antaranya telah berhasil turun dan kembali ke rumah masing-masing.

"Lainnya masih dalam proses evakuasi turun," kata Rochim, dalam pesan tertulis yang diterima wartawan, Senin (29/7).

Sementara ihwal titik api, Rochim menegaskan, secara visual masih terlihat di sekitar puncak Gunung Arjuno. Oleh sebab itu, timnya menurunkan dua tim dari jalur Pura Giri Arjuno dan Brak Srag. Kedua tim bertugas untuk membantu memadamkan api secara manual dan evakuasi pendaki.

Berdasarkan informasi terakhir dari tim Jaguar FPRB Sumbergondo, titik api berada di blok kebut. Titik api menjalar ke arah barat dan sebagian sudah bisa dikondisikan. Sementara lainnya masih terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam. "Dan kondisi angin bertiup cukup kencang," katanya.

Hingga saat ini, Rochim memastikan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran ini. Kerusakan hanya terjadi pada hutan yang berada di area atas gunung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement