Jumat 26 Jul 2019 03:46 WIB

Kalteng Bahas Wisata Halal

pemerintah provinsi Kalteng pun telah melakukan pembahasan potensi wisata halal.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Palangkaraya city in Central Kalimantan. (illustration)
Foto: Republika/Harun Husein
Palangkaraya city in Central Kalimantan. (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID,  PALANGKA RAYA -- Kalimantan Tengah (Kalteng) kini tengah diisukan untuk menjadi Ibu Kota baru Indonesia dan tinggal menunggu keputusan presiden. Sebelum menjadi ibu kota, pemerintah provinsi Kalteng pun telah melakukan pembahasan terkait potensi wisata halal di tanah suku dayak ini. 

"Kemarin kita pernah rapatkan dengan MUI, dengan tokoh-tokoh agama yang lain mengenai tempat wisata halal atau kuliner halal. Ada kita mau membuat zona. Kita lagi dibicarakan terus (wisata halal,red)," ujar Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sesi wawancara khusus dengan Republika di Istana Isen Mulang (IIM) rumah jabatan gubernur, Kota Palangka Raya, Rabu (24/7).

Menurut dia, wisata halal ini memiliki tujuan yang baik untuk kepentingan masyarakat Kalteng. Apalagi, menurut dia, masyarakat Kalteng sendiri mayoritas berpenduduk muslim dengan jumlah sekitar 74 persen. Menurut dia, wisata halal tersebut kedepannya diharapkan tidak membuat wisatawan muslim ragu untuk datang ke Kalteng. 

"Jangan sampai kita nanti membuat pariwisata yang ujung-ujungnya membuat orang ragu datang," ucapnya.

Menurut Sugianto, selama ini kebanyakan orang luar menilai Kalteng tidak dihuni oleh kebanyakan umat Islam. Karena itu, menurut dia, wisatawan muslim banyak yang ragu untuk datang ke Kalteng. 
 
"Kadang-kadang kan ada tamu, katanya Pak Gubernur bisa gak membuat sebuah tempat seperti zona halal atau wisata halal, supaya makan itu gak ragu. Karena pikiran orang itu di Kalteng itu selalu yang terbesar bukan Islam, padahal yang besar Islam, sehingga tidak meragukan orang yang datang," kata keturunan asli suku dayak muslim ini.
 
Menurut dia, di Kalteng juga terdapat situs-situs sejarah keislaman yang bisa dijadikan wisata halal, seperti halnya di Istana Kuning Pangkalanbun. Istana ini merupakan kebanggaan sejarah dan budaya kerajaan Islam di Kalimantan Tengah.
 
"Di Kalimantan Tengah itu ada situs sejarah ke-Islam-an. Kita kan ada kerajaan kuning di Pangkalanbun. Ada sejarahnya di situ," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement