Kamis 25 Jul 2019 02:00 WIB

Pengendalian Polusi Harus Dilakukan Bersamaan

Pengamat tata kota Nirwono Joga mengatakan ada banyak langkah kendalikan polusi

Teknologi Hujan Buatan Atasi Polusi Jakarta. Masyarkat beraktifitas dengan latar belakang gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta, Selasa (3/7).
Foto: Fakhri Hermansyah
Teknologi Hujan Buatan Atasi Polusi Jakarta. Masyarkat beraktifitas dengan latar belakang gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta, Selasa (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat tata kota Nirwono Joga mengatakan upaya untuk mengendalikan pencemaran udara harus dilakukan secara bersamaan. Upaya harus dilakukan bersama antara pengembangan transportasi massal yang terintegrasi, penataan ruang terbuka hijau, dan hunian vertikal di pusat kota.

"Ada banyak langkah yang bisa dilakukan tapi harus dilakukan secara bersamaan," kata Nirwono di Jakarta, Rabu (24/7).

Baca Juga

Ia mengatakan kota yang benar adalah kota yang seluruh kegiatan ke pusat kota dilakukan di dalam pusat kota tersebut. Seluruh aktivitas warga dapat dilakukan cukup dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi massal.

Dengan demikian kebijakan untuk mengurangi pencemaran udara adalah dengan membatasi pergerakan ke pusat kota. Di samping itu, pemerintah daerah juga perlu mempertimbangkan kebijakan yang tepat dalam pembangunan tata ruang kota.

"Tata ruang kotanya itu adalah permukiman harus didorong semakin masuk ke pusat kota sehingga warga bisa cukup berjalan kaki saat menjalankan aktivitas sehari-hari mereka," katanya.

Pembangunan yang berpola sentris tersebut diharapkan penggunaan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil, dapat ditekan dan dibatasi. Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti itu juga mengatakan pemerintah daerah perlu mempertimbangkan pembangunan hunian vertikal sehingga dapat meminimalkan pemborosan lahan.

Sisa lahan yang ada dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ruang terbuka hijau di sekitar permukiman. Dengan demikian warga dapat merasakan manfaat penghijauan di sekitar hunian mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement