Selasa 23 Jul 2019 15:47 WIB

Menteri BUMN Targetkan 100 BUMN Shop di Sukabumi

BUMN Shop untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat perdesaan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Rini M Soemarno meninjau BUMN Shop yang dikelola BUMDes Motekar di Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/7).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Menteri BUMN Rini M Soemarno meninjau BUMN Shop yang dikelola BUMDes Motekar di Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menargetkan ada 100 BUMN Shop di Kabupaten Sukabumi. Pembangunan BUMN Shop ini di desa-desa ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat perdesaan.

Hal ini disampaikan Menteri BUMN Rini M Soemarno di sela-sela mengunjungi dua lokasi BUMN Shop di Kecamatan Nyalindung dan Cisaat Kabupaten Sukabumi pada Selasa (23/7). Keberadaan BUMN Shop tersebut pengelolaanya dikerjasamakan dengan BUMDes .

Baca Juga

"Pada permulaan tahun ini, kami mendorong bagaimana BUMN bersinergi bisa membantu BUMDes,’’ ujar Menteri BUMN Rini M Soemarno kepada wartawan disela-sela mengunjungi BUMN Shop yang dikelola BUMDes Motekar di Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Program tersebut digulirkan di tengah pemerintah sedang membut program di desa agar bagaimana perekonomian desa bisa tumbuh dan berkembang. Menurut Rini, pembangunan BUMN Shop ini atas kerjasama bersama BUMDes dengan membangun toko. Di dalam gerai BUMN Shop ini terdapat produk BUMN dan usaha kecil menengah (UKM) warga sekitar.

Produk dari BUMN misalnya dari Kimia Farma, Bulog, Pertamina, PTPN, dan Telkom. Di BUMN Shop juga kata Rini, ada wifi corner sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan zaman yang semakin digital.

Warga bisa menggunakan jaringan internet untuk belajar, komunikasi dan jual barang serta yang lainnya. Keberadaan BUMN Shop nantinya juga akan meningkatkan layanan inklusi keuangan di masyarakat desa melalui berbagai layanan transaksi keuangan.

Rini menargetkan akan ada 100 BUMN Shop di Kabupaten Sukabumi. Saat ini baru 49 BUMN Shop yang telah hadir untuk memenuhi kebutuhan warga di desa-desa di Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement