Rabu 17 Jul 2019 20:27 WIB

Pertamina RU VI Bantu Alat Peraga Sekolah Mangrove

Melalui alat peraga, informasi yang disampaikan diharapkan bisa lebih mudah diterima.

Pertamina RU VI Balongan menyerahkan bantuan alat peraga sekolah mangrove untuk sejumlah SD di Kabupaten Indramayu.
Foto: Foto: Humas Pertamina RU VI Balongan
Pertamina RU VI Balongan menyerahkan bantuan alat peraga sekolah mangrove untuk sejumlah SD di Kabupaten Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, menyerahkan bantuan alat peraga Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) tematik mangrove kepada 26 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Indramayu. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Eko Kristiawan kepada Kepala Sekolah SDN Pabean Udik 1.

Penyerahan alat peraga ini merupakan rangkaian program CSR Pertamina RU VI Balongan Sekolah Mangrove untuk melengkapi dan memaksimalkan media pembelajaran sekolah mangrove dimana sebelumnya telah dibagikan 5.502 buku Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) tematik Mangrove. Adapun bentuk alat peraga tersebut berupa magnet keanekaragaman hayati, magnet jaring-jaring makanan, poster fauna hutan mangrove, poster pencegah banjir dan poster pencegah tsunami. 

Melalui alat peraga tersebut informasi yang disampaikan diharapkan bisa lebih mudah diterima sehingga meningkatkan minat dan semangat siswa saat belajar. Dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Eko Kristiawanmengatakan, dengan penggunaan alat bantu peraga pendidikan, kegiatan belajar akan menjadi menyenangkan dan interaktif. 

“Alat peraga bisa menjadi sarana dalam pembelajaran guna memotivasi anak agar dapat berpikir evektif dan efisien. Sehingga nantinya tumbuh rasa partisipasi dalam perlindungan, pengelolaan, dan pengembangan kawasan hutan mangrove," ujar Eko.

Dikatakan Eko, dengan penyampaian materi yang tepat diharapkan siswa-siswi dapat memahami tentang arti pentingnya mangrove dan bagaimana cara melestarikan mangrove secara tepat sehingga ke depannya menjadi investasi lingkungan di masa depan. 

photo
Kepala SDN Pabean Udik 1 menerima bantuan alat peraga dari Pertamina RU VI Balongan. (Foto : Humas Pertamina RU VI Balongan)

Kepala Sekolah SDN Pabean Udik 1 Tasrikhah saat menerima bantuan dari RU VI, menyampaikan terim kasihnya atas bantuan media pembelajaran yang diberikan melalui program Sekolah Mangrove CSR Pertamina RU VI. Kata dia, dengan alat peraga, maka pembelajaran yang diberikan sangat bermanfaat untuk meningkat minat siswa belajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu yang lebih jauh sehingga memberikan pembelajaran yang maksimal di kelas.

Sekolah mangrove yang digagas RU VI Balongan menjadi pendidikan muatan lokal (mulok) untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 yang di 6 (enam) kecamatan yang berada di wilayah pesisir Kabupaten Indramayu, yaitu Kecamatan Balongan, Indramayu, Cantigi, Pasekan, Karangampel, dan Juntinyuat yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement