Rabu 17 Jul 2019 14:33 WIB

Kebakaran Peternakan Ayam, Dua Orang Alami Luka Bakar

Api berasal dari tungku untuk penghangat ayam.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Kebakaran besar melanda peternakan ayam di Kampung Cipeure RT 01 RW 09, Desa Ciptagumati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (17/7) dini hari. Dua orang penjaga peternakan yang berusaha memadamkan api terkena luka bakar sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Umum Cikalong Wetan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat, Nanan Sunandar mengatakan kebakaran yang melanda peternakan Muhadi ini disebabkan oleh api yang merembet ke seluruh kandang. Api dinyalakan dari tungku sebagai penghangat ayam.

Baca Juga

"Penjaga kandang menyalakan tungku api untuk penghangat buat ayam menggunakan kayu, terus ditinggal oleh penjaga kandang untuk mencari makanan jauhnya 2 kilometer," ujarnya saat dihubungi via pesan singkat, Rabu (17/7).

Ia mengungkapkan, kedua orang tersebut kemudian kembali ke kandang dan melihat peternakan terbakar. Saat itu, kondisinya kebakaran membesar disebabkan angin kencang dan bahan bangunan yang berasal dari bambu.

Menurutnya, para penjaga kandang kemudian membangunkan pemilik peternakan dan berusaha memadamkan api. Namun, api semakin membesar sehingga tidak bisa ditanggulangi secara manual.

Dirinya mengatakan sebanyak lima mobil pemadam kebakaran akhirnya datang dan memadamkan api. Api berhasil dipadamkan kurang lebih satu setengah jam.

"Kerugian belum bisa ditaksir, satu orang mengalami luka bakar. Korban dilarikan ke RSUD Cikalong Wetan. Kemudian mendapatkan perawatan dan boleh pulang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement