Selasa 16 Jul 2019 11:04 WIB

TN Bukit Tiga Puluh Gandeng PT LAJ Cegah Deforestasi

TNBT dan PT LAJ menandatangani rencana kerja tahunan (RKT) 2019-2020, Selasa (16/7).

Monitoring Jalur Patroli TNBT, LAJ dan Wildlife Conservation Society (WCS) pada Oktober 2018
Foto: Ist
Monitoring Jalur Patroli TNBT, LAJ dan Wildlife Conservation Society (WCS) pada Oktober 2018

REPUBLIKA.CO.ID, TEBO -- Taman Nasional Gandeng menggandeng PT  PT Lestari Asri Jaya (LAJ) dalam perlindungan Kawasan Penyangga Lanskap Bukit Tiga Puluh (TNBT). Berada di wilayah dua provinsi, Jambi dan Riau, TNBT tak lepas dari ancaman deforestasi.

Di Provinsi Jambi, tepatnya di Kabupaten Tebo, TNBT menggandeng perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT LAJ dalam upaya membangun kawasan penyangga ini. Masyarakat setempat yang berbatasan langsung dengan kawasan TNBT turut digandeng dalam memperkuat upaya perlindungan kawasan penyangga TNBT.

TNBT dan PT LAJ menandatangani rencana kerja tahunan (RKT) 2019-2020, Selasa (16/7) di Tebo. Penandatangan dilakukan terkait dengan kerjasama antara Balai TNBT dan PT LAJ tentang Penguatan Fungsi dalam rangka Mendukung Pengelolaan TNBT yang sudah terlebih dahulu disepakati dan ditandatangani pada Mei 2018 lalu.

Kepala Balai TNBT Darmanto mengatakan, pemerintah sangat menyadari pentingnya kawasan penyangga taman nasional dalam upaya perlindungan kawasan, ekosistem serta flora dan fauna. Kerjasama dengan para pihak pun harus dibangun untuk mendukung perlindungan itu.

"Seperti dengan PT Lestari Asri Jaya (LAJ), kerjasama yang sudah terjalin beberapa tahun ini memiliki dampak positif dalam pentingnya kawasan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan taman nasional,” ujar Darmanto.

Perambahan dan pembalakan liar merupakan ancaman serius sehingga diperlukan upaya serius dari pemerintah dalam menjaga kelestariannya.Kawasan seluas 144.223 hektare ini merupakan lanskap penting di Indonesia saat ini.  

Kerjasama TNBT dengan LAJ ini meliputi perlindungan kawasan penyangga. Kemudian pengawetan flora dan fauna, restorasi ekosistem serta pemberdayaan masyarakat.

Berkat adanya kerjasama ini, dalam kurun waktu satu tahun, sekitar 530 mandays patroli bersama dilakukan Rangers LAJ dan TNBT. Patroli dilakukan secara rutin dalam rangka perlindungan kawasan dan pemantauan satwa dan fauna dalam kawasan TNBT.

TNBT juga menutup akses ke titik-titik pembalakan liar. Bersama PT LAJ, penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat perambah terkait status dan fungsi lahan yang mereka rambah. Sosialisasi tanda-tanda batas kawasan pun terus dilakukan, selain juga memasang papan tanda kawasan konservasi.

Menurut Direktur PT Lestari Asri Jaya (LAJ), Meizani Irmadhiany kawasan penyangga seperti LAJ berperan penting dalam membangun kawasan produksi yang berkelanjutan. "Melalui penanaman karet yang berkelanjutan, dapat menciptakan lapangan pekerjaan, sekaligus menjaga kawasan konservasi. Kedepannya kami berharap kerjasama yang sudah terjalin dapat terus memberikan dampak positif dan jangka panjang bagi PT LAJ dan TNBT,” kata Meizani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement