Jumat 12 Jul 2019 15:37 WIB

Pasar Lubuk Alung Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 2 Miliar

Sebanyak 150 kios yang ada di Pasar Lubuk Alung ludes terbakar

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nidia Zuraya
Kebakaran, ilustrasi
Kebakaran, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN -- Pasar Lubuk Alung di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mengalami kebakaran hebat pada Kamis (11/7) malam WIB. Akibatnya, sebanyak 150 kios yang ada di pasar tersebut ludes dilahap Si Jago Merah.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho menyebut perkiraan kerugian mencapai Rp 2 miliar. "Olah tempat kejadian terus dilakukan. Memang dalam penyelidikan kami mendapat bantuan dari Inafis Polda Sumbar," kata Rizki, Jumat (12/7).

Baca Juga

Tim  Indonesia Automatic Finger Print Identification System (INAFIS) dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar telah turun ke Pasar Lubuk Alung. Tim Inafis tengah fokus di titik tengah area kawasan pasar yang diduga menjadi titik awal api.

Kebakaran ini terjadi pada pukul 21.20 WIB. Sampai 22.30 WIB api juga belum bisa dijinakkan. Si Jago Merah baru bisa dikendalikan pada pukul 23.00 malam WIB. Pasar Lubuk Alung ini salah satu pasar sentral yang menjual aneka kebutuhan harian masyarakat dan juga berbagai alat elektronik.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan Pemprov juga tengah menijau pasca kebakaran. Pemprov menurut Wagub akan membantu para korban supaya kehidupan para pedagang dan masyarakat sekitar bisa kembali normal.

Nasrul menyebut kebakaran pasar di Padang Pariaman dan di daerah lainnya sudah sering terjadi. Ia mengimbau para tim pemadam kebakaran terus waspada terlebih pada cuaca panas dan angin kencang seperti sekarang.

"Damkar harus terus siap siaga. Sekarang kami akan berupaya membantu masyarakat pasca kebakaran," ujar Nasrul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement