Kamis 11 Jul 2019 14:15 WIB

TMMD Sasar Wilayah Kronjo Kabupaten Tangerang

TNI bersama sejumlah instansi berkomitmen untuk membangun desa.

Red: EH Ismail
Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa di Kronjo Kabupaten Tangerang
Foto: Puspen TNI
Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa di Kronjo Kabupaten Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Kabupaten Tangerang dan TNI bersinergi menyelenggarakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105. Lokasinya di lapangan bola kandangan gede kampung bakungan kecamatan kronjo.

TMMD kali ini menyasar pembangunan jalan Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang sepanjang 1.130 meter dan lebar 4 meter."Ini merupakan jalan vital yang menghubungakan empat desa," ujar Komandan Kodim 0510/Tigaraksa, Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon, Kamis (10/7).

Kegiatan TMMD yang dilakukan TNI AD bertujuan untuk membantu Pemda Kabupaten Tangerang dalam mempercepat pembangunan di daerah khususnya di pedesaan. Sementara untuk sasaran non-fisik, seperti penyuluhan kesehatan.

Selain itu TMMD ke-105 bekerja sama dengan Mahasiswa untuk membangun generasi penerus melalui TMMD non-fisik. Bentuknya berupa penyuluhan terhadap para pemuda dan masyarakat tentang wawasan kebangsaan yang di wilayah Koramil jajaran Kodim 0510/Tigaraksa. Acara ini diramaikan dengan penyuluhan mengenai bahaya narkoba, kerukunan umat beragama serta menangkal paham radikalisme.

Radikalisme dinilai sebagai ancaman terhadap ideologi Pancasila. Sebab menyebabkan masyarakat terjerembab dalam paham keagamaan yang eksklusif. Mereka juga berpotensi untuk terdorong melakukan aksi berbahaya yang mengancam keselamatan masyarakat luas.

Sebelumnya, TNI bersama sejumlah instansi berkomitmen untuk membangun desa. Komitmen itu terwujud dalam Rapat Koordinasi Teknis yang dihadiri oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bulan lalu. Mereka bersinergi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat baik dalam bentuk fisik maupun nonfisik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement