Jumat 05 Jul 2019 10:36 WIB

Keberadaan Harimau Sumatra di Way Kambas Disurvei Lagi

Survei keberadaan harimau sumatera di Way Kambas terakhir dilakukan 2014.

Harimau sumatera.
Foto: ABC
Harimau sumatera.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR --Petugas segera melakukan survei keberadaan Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur. Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui populasi dan area persebarannya.

Petugas survei yang terdiri dari staf organisasi lingkungan, seperti Program Konservasi Harimau Sumatera (PKHS), Wildlife Conservation Society (WCS), Alert, RPU, dan staf Balai TNWK Lampung. Mereka mengikuti pelatihan metode survei harimau sumatera Program Sumatran Wide Tiger Survey (SWTS) dari Kementerian Kehutanan.

Baca Juga

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Desa Labuhanratu VI, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (4/7). "Pelatihan ini membekali teman-teman yang akan melakukan survei populasi harimau sumatera di hutan Taman Nasional Way Kambas," kata Koordinator PKHS Lampung, Sumianto di sela acara.

Sumianto menjelaskan, survei harimau sumatera di Way Kambas akan dilaksanakan tahun ini. Metode riset dan pemantauan harimau sumatera yang dipakai adalah okupansi. Okupansi ini untuk mengetahui lokasi keberadaan harimau.

Kedua, metode menggunakan kamera pengawas untuk memastikan harimau benar ada melalui gambar visual. "Ketiga, metode DNA, metode ini keyakinannya lebih tinggi karena melalui uji laboratorium dari sampel yang kita dapatkan," ujarnya.

Sampel yang diambil menggunakan riset uji DNA dari kotoran dan rambut harimau. "Untuk survei SWTS sudah dilakukan di seluruh Sumatra pada 2007. Di Way Kambas survei 2014 gambaran jumlahnya 12 hingga 27 ekor," ujar Sumianto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement