Rabu 26 Jun 2019 06:00 WIB

Depok akan Kembangkan Budi Daya Ikan Cupang

Pada 2019, Depok ditargetkan dapat memproduksi 1.000 benih ikan cupang alam.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Ikan cupang (ilustrasi)
Foto: Google
Ikan cupang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok akan mengembangkan budi daya ikan hias jenis cupang. Untuk itu, pada 2019 ditargetkan dapat memproduksi 1.000 benih ikan cupang alam. Rencananya, proses pembenihan akan dilakukan hingga Desember 2019.

"Ya, target kami 1.000 benih dari lima pasang indukan cupang alam, sampai dengan akhir tahun ini," ujar Kepala BBI Kota Depok, Nur Hidayat, di Kantor BBI Kota Depok, Selasa (25/6).

Nur mengutarakan, hal ini merupakan tantangan karena membudidayakan cupang alam membutuhkan perawatan yang telaten. Khususnya terkait masalah kecocokan air.

"Mengembangbiakkan cupang alam itu susah-susah gampang, yang jelas kami harus telaten. Bisanya sekali bertelur rata-rata hanya 20-30 ekor ikan cupang. Jika bisa mencapai 1.000 benih dalam jangka waktu enam bulan, ini merupakan suatu prestasi untuk kami," jelas Nur.

Menurut Nur, beberapa jenis ikan cupang alam yang akan dikembangbiakan antara lain, betta channoides, betta minniopina, betta ocellata, betta rubra, beta patoti, dan betta hendra. "Rata-rata cupang alam tersebut berasal dari beberapa wilayah seperti dari Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Jawa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement