Ahad 23 Jun 2019 13:58 WIB

FK UMP Unggulkan Pengobatan Herbal

UMP berupaya mengokohkan diri sebagai fakultas kedokteran khusus pengobatan herbal.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berupaya mengokohkan diri sebagai fakultas kedokteran dengan keunggulan bidang pengobatan herbal. Upaya ini antara lain dilakukan dengan menggelar kegiatan forum ilmiah terkait dengan masalah pengobatan herbal.

Seperti yang digelar di aula AK Anshori UMP, Sabtu (22/6) lalu, FK UMP menggelar seminar nasional bertema pengobatan herbal. Untuk itu, panitia menghadirkan Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan Dr dr Ina Rosalina SpA (K) MKes MHKes sebagai pembicara kunci.  Selain itu, panitia juga menghadirkan narasumber lain yang berkompeten dalam bidangnya.

Baca Juga

Koordinator kegiatan Dr Susyadi SpAn, dalam kesempatan itu menyampaikan sesuai dengan amanah yang sudah menjadi visi misi universitas dan visi misi Fakultas Kesehatan (FK) UMP, FK UMP akan fokus menggali potensi lokal herbal dalam pengembangan pengobatan medis. ''Herbal harus kita perjuangkan supaya bisa menjadi salah satu modal dalam meningkatkan derjat kesehatan,'' katanya.

Dekan FK UMP dr Mambodyanto MKes menuturkan, Bangsa Indoensia sebenarnya memiliki potensi yang  luar biasa terhadap pengembangan pengobatan herbal. ''Leluhur kita banyak mengajarkan banyak hal mengenai pengobatan herbal. Hanya sayangnya, masih belum dikembangkan secara optimal,'' katanya.

Lebih lanjut dr Mambo menyebutkan, dalam rangka pengembangan pengobatan herbal sebagai program unggulan FK UMP, pihaknya cukup banyak memberikan mata kuliah pengobatan herbal pada para mahasiswanya. ''Mahasiswa FK UMP, sejak semester awal sampai Co-Ass, selalu mendapat mata kuliah tentang pengobatan herbal,'' jelasnya.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dalam pembukaannya menyebutkan, saat ini UMP menjadi salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memiliki prodi kesehatan paling banyak di Indonesia.

Rektor juga sangat apresiasi dengan seminar tersebut karena merupakan salah satu pengembangan akademik FK UMP. ''Kami dari universitas sangat mendukung fokus perhatian di FK UMP. Dengan demikian, FK UMP akan memikiki ciri khusus, yakni mengenai  kedokteran herbal,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement