Sabtu 22 Jun 2019 13:52 WIB

Tips Berbicara di Depan Publik

Ada rumus 4T untuk sukses berbicara di depan publik.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Inspirator Metamorphosis, HD Iriyanto, saat mengisi Diklat  Inspiratif Republika di Lynn Hotel Yogyakarta, Sabtu (22/6)
Foto: republika/wahyu suryana
Inspirator Metamorphosis, HD Iriyanto, saat mengisi Diklat Inspiratif Republika di Lynn Hotel Yogyakarta, Sabtu (22/6)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Republika menggelar Diklat Inspiratif Republika. Pada kesempatan ini, pemateri Inspirator Metamorphosis, HD Iriyanto, membagikan tips-tips sukses berbicara di depan publik.

Ia mengatakan, sebagai kesiapan setidaknya ada kiat-kiat 4T yang bisa dipelajari. Mulai dari taaruf atau berusaha mengenal orang-orang yang akan menyaksikan kita berbicara.

Baca Juga

Kedua, mencoba saling memahami atau mengetahui lebih mendalam kondisi orang-orang yang akan menyaksikan kita berbicara. Ini penting agar kita bisa menyesuaikan pesan yang kita sampaikan.

"Kemudian, taawun, kembangkan semangat taawun, jadi kita harus bisa menebarkan nilai-nilai saling membantu kepada sesama," kata Iriyanto di Lynn Hotel Yogyakarta, Sabtu (22/6).

Itu sebenarnya seirama dengan tips terakhir yaitu takaful atau menyebarkan nilai-nilai solidaritas. Semua itu dirasa menjadi modal paling mendasar agar kita bisa menumbuhkan percaya diri.

Menurut Iriyanto, persiapan-persiapan itu penting bisa dilakukan. Sebab, tanpa persiapan sendiri merupakan salah satu kekurangan yang fatal yang bisa membuat kita gagal bicara di depan publik.

"Makanya, ketika perkenalan, jelaskan diri kita apa adanya, selengkap-lengkapnya, jangan sembunyikan padahal tidak harus disembunyikan," ujar Iriyanto.

Iriyanto menekankan, tips-tips mengenal orang-orang yang akan menyaksikan kita berbicara itu penting sebagai jalinan awal. Dengan begitu diharapkan ada keterikatan agar pesan-pesan kita tersampaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement