Jumat 21 Jun 2019 17:26 WIB

BMKG Ramalkan Sebagian Indonesia Hujan Lebat di Akhir Pekan

BMKG memprakirakan beberapa wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca di beberapa wilayah di Indonesia jelang akhir pekan. Berdasarkan pengamatan BMKG, beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang, kilat, atau petir.

Kabag Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana mengatakan, hal ini diakibatkan adanya bibit siklon tropis di Samudra Pasifik utara Papua. Selain itu, adanya belokan angin ikut memengaruhi yang terdapat di beberapa wilayah seperti Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara.

"Untuk esok hari (22/6) wilayah yang berpotensi hujan lebat terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Kep Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua. Sedangkan, untuk lusa (23/6), wilayah seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Kep Bangka Belitung, Sulawesi Tengah dan Papua juga memiliki potensi hujan lebat," katanya dalam keterangan resmi pada Jumat, (21/6).

Sedangkan, untuk wilayah lainnya yang harus diwaspadai terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat/petir, antara lain Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sumatra Selatan. Taufan menyebut kondisi ini berlaku esok hari sampai dengan lusa.

"BMKG akan terus meng-update informasi peringatan dini cuaca dan menginformasikan kepada masyarakat," ucap Taufan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement