Rabu 19 Jun 2019 20:15 WIB

Fuso Tabrak Truk Boks di Purwakarta, Satu Meninggal Dunia

Korban meninggal dunia adalah sopir truk boks.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Muhammad Hafil
Truk fuso bermuatan batu split tabrak truk boks, di Jl Raya Terusan Pemuda, Kampung Suluhkuning, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Rabu (18/6).
Foto: Ita Nina Winarsih/Republika.co.id
Truk fuso bermuatan batu split tabrak truk boks, di Jl Raya Terusan Pemuda, Kampung Suluhkuning, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Rabu (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dua kendaraan terlibat tabrakan, di Jl Raya Terusan Pemuda, Kampung Suluhkuning, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. Kendaraan yang kecelakaan itu, truk fuso bermuatan batu split Nopol B 9746 TYT dengan truk boks bermuatan air kemasan Nopol B 9627 FXS. Akibat kejadian itu, sopir truk boks meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adipratama, mengatakan, kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Kronologisnya, truk fuso yang dikemudikan oleh Tonghari (55 tahun) warga Tanjungpura, Karawang, datang dari arah Bandung menuju Purwakarta. Setibanya, di lokasi kejadian truk tersebut menjadi tak terkendali.

Baca Juga

"Truk fuso itu, tiba-tiba melaju ke arah yang berlawanan, lalu menabrak truk boks yang sedang melaju di jalurnya," ujar Ricky, kepada Republika.co.id, Rabu (18/6).

Akibatnya, truk fuso menjadi terguling. Lalu, nahas menimpa truk boks, kendaraan itu menjadi terdorong sampai jatuh ke jurang dengan kedalaman sekitar 10 meter dari bahu jalan. Bahkan, saking kerasnya hantaman truk fuso itu, mengakibatkan truk boks ringsek. Serta, sopir boks tersebut atas nama Aep, warga Cihanjawar, Purwakarta, meninggal dunia akibat tergencet bodi kendaraannya.

Proses evakuasi jasad korban juga berlangsung lama. Karena, petugas kesulitan untuk mengeluarkan korban yang terhimpit bodi kendaraan. Jasad korban bisa dievakuasi, setelah petugas gabungan dari kepolisian, Damkar dan Dishub, mengelas bodi kendaraan boks yang menggencet jasad sopir nahas tersebut.

Dugaan sementara, kecelakaan itu akibat truk fuso bermuatan batu tersebut mengalami rem blong. Sehingga, sopirnya tak bisa mengantisipasi laju kendaraannya. Sampai akhirnya, kendaraan kendaraan tersebut hilang kendali dan masuk ke jalur berlawanan. Kemudian, menabrak serta mendorong kendaraan lainnya hingga masuk ke jurang. "Tapi, kami masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan ini," ujarnya.

Sementara itu, saksi mata yang juga kernet truk boks, Henhen (51 tahun), warga Cihampelas, Kota Bandung, mengatakan, kendaraannya itu baru saja keluar GT Ciganea. Dengan tujuan, Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Namun, belum juga sampai tujuan, kendaraannya ini justru tertabrak dan terdorong truk fuso sampai terjatuh ke jurang.

"Kejadian ini, membuat kaget. Apalagi, sopir saya meninggal dunia," ujarnya dengan kondisi yang masih syok.

Henhen menyebutkan, dia tak tahu persis bagaimana tabrakan ini terjadi. Namun, seingatnya saat truk boks sedang melaju, dia melihat truk besar di arah berlawanan dalam kondisi sudah miring dan melewati garis marka jalan. Tak lama, mobil itu mendekat dan menabrak kendaraan yang ditumpanginya.

Akibat kencangnya tabrakan ini, boks tersebut sampai terpental. Menabrak, pembatas jembatan, lalu terjatuh ke jurang yang dibawahnya ada aliran air. Beruntung, Henhen bisa selamat dari maut. Sedangkan, sopir boks harus meregang nyawa akibat tergencet badan kendaraan nahas tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement