Ahad 09 Jun 2019 20:47 WIB

Warga Cilacap Tenang Diguncang Dua Kali Gempa

Gempa pertama terjadi pukul 14.32 dengan kekuatan magnitudo 5,5.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Israr Itah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Sepanjang Ahad (9/6) sore, Kabupaten Cilacap dua kali diguncang gempa. Gempa pertama terjadi pukul 14.32 dengan kekuatan magnitudo 5,5, sedangkan gempa kedua terjadi terjadi pukul 17.41 dengan magnitudo 3,9. 

Sejauh ini tidak dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa. Beberapa warga Cilacap mengaku merasakan adanya guncangan selama beberapa detik ketika gempa pertama terjadi. Namun guncangan tersebut tidak sampai membuat warga terkejut. 

Baca Juga

"Waktu gempa, saya memang merasakan ada getaran. Awalnya saya kira hanya karena ada kendaraan melintas di jalan, tapi ternyata disebabkan gempa," kata Birin (38) warga Banyumas, yang saat kejadian gempa pertama sedang berada di obyek wisata Teluk Penyu.

Getaran agak terasa keras, dirasakan oleh warga di wilayah barat Kota Cilacap, seperti wilayah Kecamatan Binangun dan Kroya. Di kedua tempat gempa sempat menggoyang berbagai perabot rumah. "Lampu dalam rumah dan perabot sempat bergoyang saat gempa terjadi. Tapi hanya beberapa detik dan tidak terlalu keras," kata Yanto (40), warga Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun.

Berdasarkan penjelasan pihak BMKG, gempa di selatan Cilacap yang terjadi 16.32, awalnya terdeteksi memiliki kekuatan magnitudo 5,7. Namun dilakukan pemutakhiran, kekuatan gempa tercatat 5,5. Sedangkan gempa kedua dengan magnitudo 3,9, terjadi di lokasi yang kurang lebih sama dengan kedalam 30 km. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement